PERANG MEDIA PASCAPILKADA DKI JAKARTA 2017: Representasi Ahok-Djarot dan Anis-Sandi dalam Tirto.id dan Republika.co.id
Abstract
Â
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi representasi dua pasangan calon gubernur DKI Jakarta 2017, Ahok-Djarot dan Anies-Sandi dalam media daring Tirto.id dan Republika.co.id. Metode pemerolehan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan metode analisis padan. Representasi diidentifikasi berdasarkan model analisis wacana kritis Teun A van Dijk yang terbagi atas tiga dimensi, yakni dimensi tekstual, kognisi sosial, dan konteks (analisis) sosial. Data berupa wacana dalam dua media tersebut yang kemudian dikaji dan dikomparasi untuk menunjukkan kecenderungan keberpihakan media tersebut. Dalam tulisan ini, kajian yang dipaparkan dibatasi hanya dalam tataran tekstual dan kognisi sosial saja. Tataran tekstual yang penulis kaji berupa elemen tematik, skematik, detail, praanggapan, koherensi, leksikon, dan grafis. Elemen tersebut penulis pilih berdasar pada kemunculannya dalam data yang ada serta pengaaruhnya terhadap representasi yang diinginkan. Tataran kognisi sosial penulis kaji dari kognisi institusi media yang menerbitkan berita tersebut. Kognisi institusi yang meliputi kepemilikan, sejarah, ideologi, dsb., berpotensi untuk memengaruhi konstruksi berita yang diproduksi.
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Pusat Bahasa.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana. Yogyakarta: LKiS.
Kridalaksana, Harimurti dkk. 1999. Sintaksis. Jakarta: Fakultas Sastra UI.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka
DOI: https://doi.org/10.37058/mbsi.v1i1.882