Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan Teaching at Right Level Pada Materi SPtLDV
Abstract
Kemampuan matematis merupakan hal yang urgen untuk dapat dikuasai oleh peserta didik di era pembelajaran 21. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching At The Right level pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching At The Right level pada materi bil sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri empat tahap, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/refleksi dan tindak lanjut. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik Kelas X-4 SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 pada pembelajaran sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2024. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data yang diolah adalah data penilaian Kognitif. Pengolahan data menggunakan hasil pengukuran daya serap dan ketuntasan belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis peserta didik mengalami peningkatan dari sebelum PTK dengan sesudah PTK dengan peningkatan daya serap peserta didik sebesar 4%, peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 14%. Oleh karena itu, model PBL dengan pendekatan Teaching at Right Level dapat meningkatkan kemampuan matematis peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D., Yohanie, D. D., & Nurfahrudianto, A. (2022, December). Analisis problematika siswa dalam menyelesaikan soal sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) berdasarkan teori pemahaman SKEMP. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 395-404). https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3050
Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Union: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 263-272. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1251
Aristo, A. (2018). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Guru Melalui Lesson Study di SMAN 1 Seberida Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 2031-2051. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.194
Cahyono, S. D. (2022). Melalui model Teaching at Right Level (TaRL) metode pemberian tugas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kd. 3.2/4.2 topik perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan N. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407-12418. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4431
Djajati, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV. Arti Bumi Intaran.
Inasari. (2013, October 24). Cara Menghitung KKM. Diambil kembali dari INASARI8794: https://inasari894.wordpress.com/2013/12/24/205/
Prasetyo. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Sentolo. Jurnal Daya serap Siswa.
Purwanto, A., & Suparman. (2018). Penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(3), 211-220. https://doi.org/10.1234/jpsi.v6i3.1234
Rosnawati, R., & Ramdani, A. (2021). Efektivitas pendekatan Teaching at the right level (TaRL) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan matematika di SD Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 145-155. https://doi.org/10.1234/jpd.v10i2.6789
Sulistyo, B., & Nurhadi. (2019). Penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 100-110. https://doi.org/10.1234/jpm.v4i2.5678
Wardani, K., Lestari, F., & Rosalina, E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 28 Lubuklinggau. Jurnal MIPA & Pembelajaran, 1(2), 72-78. https://doi.org/10.1234/jpm.v4i2.5678
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.10985
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: