Pengembangan Media Pembelajaran Magic House Untuk Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar

Kamaliya Habibah, Ira Hawa Dzulqodah, Adam Capri Sadewa, Khusniatul Munawwarah, Stevanny Naimatul Aen, Misbah Binasdevi

Abstract


Berdasarkan observasi yang dilakukan di sekolah dasar, proses pembelajaran belum sepenuhnya menggabungkan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dan menciptakan suasana kelas yang interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pemahaman siswa setelah memanfaatkan media Magic House dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D), yaitu upaya untuk membuat atau memperbaiki produk agar dapat dipertanggungjawabkan. Model ADDIE dipilih untuk prosedur penelitian ini karena kesederhanaannya, alur kerjanya yang jelas, dan kesesuaiannya dengan karakteristik pembelajaran. Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation adalah lima langkah yang membentuk model ADDIE. Setelah implementasi dilakukan pada siswa, angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang kepraktisan Magic House. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diujicobakan pada siswa mendapatkan persentase tertinggi sebesar 98% dan dianggap sangat praktis.

Keywords


Media, Magic House, Pembelajaran, Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Agustina, W., Hamengkubuwono, H., & Syahindra, W. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 18(20), 112. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.365

Az-Zahro, F., Nur'afifah, U. U., & Anfa, Q. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS SDIT Al-Islam Sine. Global Education Journal, 1(2), 292-303. https://doi.org/10.59525/gej.v1i2.258

Irawati, D., Anwar, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2022). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar dan Menengah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5870–5878. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1279

Iriani, F. (2019). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi PAI di Sekolah Dasar. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 168-181. http://dx.doi.org/10.22373/jie.v2i2.4164

Istiqomah, N. A., Heryanto, A., & Sunedi, S. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pecahan Di Kelas II Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 1709-1717. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.12577

Khatimah, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 1 Bolo. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.97

Lukman, S., Syamsuri, A. S., & Arief, T. A. (2023). Pengaruh Metode Field Trip Berbantuan Media Magic Box terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu, 7(5), 3290-3298. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.4797

Saputri, E., & Rahmi, L. (2024). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 15-22. https://doi.org/10.58230/27454312.439

Sari, D. N., Lian, B., & Hetilaniar, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Magic Box (Kotak Ajaib) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9120-9127. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1483

Sartika, A. D., & Bahri, S. (2022). Pengembangan Media Magic Box Pada Pembelajaran IPA Di SD Negeri 105359 Sumberjo. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 3(1). 82-91. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i1.393

Siregar, N., Jalal, M., & Jayanti, T. (2022). Penerapan Media Scrapbook Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Kelas V MI Al-Munawwarah Kota Jambi. Jurnal Panca Widha, 1(2), 26-38. https://pwjournal.penerbitgemulun.com/index.php/pwj/article/view/10

Sitepu, L. B., Simanungkalit, E., Simanjunta, E. B., Faisal, F., & Sembiring, M. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Tema 1 Subtema 1 Kelas 3 SD Negeri 105401 Namo Linting. Indonesian Journal of Language, Literature, and Education Language, Literature, 1(1), 100-106. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJOL/article/view/34

Syahrum, S., Sastrio, T. B., & Purnamasari, H. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dan Keterampilan Berbicara. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02).Education, 2(2), 168. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4164

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/14630




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.11424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: