Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bercerita Penalaran Menurut Prosedur Watson Pada Siswa Kelas Vi Sdn 2 Karanganyar Demak

Dia Ayu Dia Ayu Nuril Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesalahan dalam menyelesaikan penalaran soal cerita menurut prosedur Watson pada siswa kelas VI. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengisian Tes Pemecahan Masalah Matematis kepada subjek 4 siswa kelas VI, dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, 3 butir soal Tes Pemecahan Masalah Matematis, dan pedoman wawancara. Berdasarkan Hasil penelitian diperoleh hasil analisis bahwa tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan penalaran soal cerita menurut prosedur watson, terdapat pada kesalahan (oc), (um), (shp), dan (ao). Penyebab kesalahan yaitu kurangnya memahami konsep dalam penyelesaian soal, serta kurang memahami bagaimana cara menuliskan melalui proses sesuai langkah-langkah dalam penyelesaian.

Keywords


Penalaran Matematis; Pemecahan Masalah; Prosedur Watson; Sekolah Dasar

References


Cahyani, A. &. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 365-372.

Ekawati, A. A. (2019). gustina, W., & Noor, F. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1-7.

Hamsiah, H. M. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMPN 13 Mataram pada Materi Bangun Ruang. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 115-123.

Hanifah, N. R. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika SIswa SD dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB. Pegunungan Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 23-32.

Hoar, A. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dibandingkan Pada Siswa Kelas VII SMPK St. Isidorus Besikama. MATEMATIKA-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1-7.

Khurriyati, A. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI ( Papan Pecahan Pizza ). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 33-44.

Linola, D. M. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Sman 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27-33.

Riswari, E. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Ritme, 2(1).

Sagita, D. E. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 9(2), 431-439.

Santika, I. (2021). Grand Design Kebijakan Strategis Pemerintah di Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 9(2), 369-377.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i2.11926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: