Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Permainan Origami
Abstract
Perkembangan motorik halus pada anak usia dini merupakan aspek penting yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti menulis, menggambar, dan menggunakan alat kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas permainan origami dalam meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia dini di TK Al-Hakim Al-Huriyah, Desa Rondaman Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu dan desain one-group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 15 anak sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam skor rata-rata motorik halus dari pretest (10,73) ke posttest (17,07) setelah intervensi origami. Uji-t paired menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa permainan origami secara signifikan meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Selain itu, nilai Cohen's d sebesar 0,900 menunjukkan ukuran efek yang besar. Temuan ini menggarisbawahi potensi origami sebagai metode yang efektif untuk merangsang perkembangan motorik halus anak usia dini dan dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisa, A. N., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Playing Origami Dan Its Impact On Fine Motor Skills Development Of Children Aged 4-5. Journal of Early Childhood Education (JECE), 3(1), 22–30. https://doi.org/10.15408/jece.v3i1.19059
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka cipta.
Ginsburg, K. R., American Academy of Pediatrics Committee on Communications, & American Academy of Pediatrics Committee on Psychosocial Aspects of Child and Family Health. (2007). The importance of play in promoting healthy child development and maintaining strong parent-child bonds. Pediatrics, 119(1), 182–191. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2697
Maranatha, J. R., & Briliany, N. (2023). Enhancing Fine Motor Skills in Early Childhood Through Fun Cooking Activities: A Quasi-Experimental Study in Purwakarta, Indonesia. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(4), 203–212. https://doi.org/10.14421/jga.2023.84-01
Mukherji, Penny., & Dryden, Louise. (2014). Foundations of early childhood : Principles And Practice. SAGE.
Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. International Universities Press.
Ray, D. C. (2021). Advanced Play Therapy Essential Conditions, Knowledge, and Skills for Child Practice. Routledge.
Salehudin, M., Aisyah Che Derasid, N., Hatib Musta, A., & Aliff Jobin, A. (2023). Origami As An Educational Tool And Its Effect On The Development Of School Students. Jurnal Scientia, 12, 2011–2018. http://infor.seaninstitute.org/index.php
Santrock, J. W. (2007). Child development. (11th Edition). McGraw-Hill.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyowati, K, R. I., Sari, P. I. A., & Impartina, A. (2023). The Effect of Playing Origami on the Fine Motor Development Among Preschool Children at Putra Buana Kindergarten in Lamongan Regency (pp. 18–22). https://doi.org/10.2991/978-94-6463-202-6_4
Whitebread, D., Neale, D., & Solis, L. (2018). The role of play in children’s development: a review of the evidence. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18500.73606
Yoshizawa, K. (1983). Origami: The Art of Japanese Paper Folding. Dover Publications.
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.12469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: