Pengembangan Media Kartu “3 in 1” untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun

Taopik Rahman, Ratna Azshari Suhana, Risbon Sianturi, Purwati Purwati, Budi Iskandar

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode EDR (Educational Design Research) dengan model McKenney and Reeves. Bertujuan untuk menghasilkan suatu pengembangan produk melalui tahap validasi dan uji coba sehingga dapat menghasilkan produk yang efektif, praktis, dan valid terkait pengembangan media untuk memfasilitasi kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, tahap satu di TKA Sulalatul Huda dan tahap dua di RA Al Hidayah. Hasil yang didapat dari kedua tahap tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan terhadap efektivitas media dinyatakan layak digunakan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Hal tersebut juga dapat dilihat melalui angket respon guru terhadap penggunaan media kartu 3in1 dengan persentase sebesar 100% dan 85,7% sehingga pengembangan media kartu 3in1 untuk memfasilitasi kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun dinyatakan layak karena memudahkan guru dalam penyampaian pematerian dan informasi lain selama pembelajaran terutama dalam mengenal huruf. 

This research uses the EDR (Educational Design Research) method with the McKenney and Reeves model. The aim is to produce a development product through validation and testing stages so that it can produce an effective, practical and valid product related to development media to facilitate the ability to recognize letters for children aged 4-5 years. This research was carried out in two stages, stage one at TKA Sulalatul Huda and stage two at RA Al Hidayah. The results obtained from these two stages show that the media developed regarding media effectiveness is declared suitable for use in Early Childhood Education. This can also be seen through the teacher response questionnaire regarding the use of 3in1 card media with percentages of 100% and 85.7%, so that the development of 3in1 card media to facilitate the ability to recognize letters for children aged 4-5 years is stated to be because it makes it easier for teachers to open lectures and other information. during learning, especially in recognizing letters.


Keywords


Card; Media; Recognizing letters

References


Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Ariyanti, I., & Pradana, H. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Huruf Untuk Anak Didik Di Tk Bunga Bangsa Kecamatan Pakal Surabaya. ETJ (Educational Technology Journal), 3(1), 21–28. https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj

Arsini, K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 173–184. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46323

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/kindergarten/article/download/11958/6279

Dewi, R., Enda, P., & Rita, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Al Pendidikan Tambusai, 5(3), 9600–9609. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2532

Direktorat Pembinaan PAUD. (2018). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Issue 021).

Faujiah, S., Mayasari, L. I., & Ulfa, M. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada pelajaran bahasa indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 165–169. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/download/1294/890

Ganarsih, A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(3), 186–195. https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group. 1-260 https://eprints.unm.ac.id/20720/1/Media%20Pembelajaran%202.pdf

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332–342. https://core.ac.uk/display/328163913

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332–342. https://core.ac.uk/display/328163913

Intan Nurhasana. (2021). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 217–229. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v2i2.573

Irmawati, Nadar, W., & Pawitri, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak dengan Metode Cantol Roudhoh. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, e-ISSN 2716-0157 PAUD 010, 56–65. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Julia, Wahira, S. (2022). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf di TK Mardi Santosa Sumedang Jawa Barat. 4(2), 95–103. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/161

Kurniawati, L. W. (2023). Effect of Flash Card Media Effectiveness on Beginning Reading Ability and Symbolic Thinking in Early Childhood 5-6 Years: Case Study in Kindergarten. Imam Syafi’I Jember Odd Semester 2022-2023 Academic Yea. Journal of Education Technology and Inovation, 6(1), 47–58. https://doi.org/10.31537/jeti.v6i1.1328

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770

Mauliyah, A. (2020). Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyyah Melalui Media Kartu Huruf dengan Metode Kupas Karangtanjung Candi Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 66-92. https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/joeces/article/view/3089

McKenney, S., & Reeves, T. C. (2020). Educational design research: Portraying, conducting, and enhancing productive scholarship. Medical Education, 55(1), 82–92. https://doi.org/10.1111/medu.14280

Nimat, M. F. S., Ita, E., & Nafsia, A. (2023). Pengembangan Media Kartu Huruf Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Permulaan Anak Usia 5-6Tahun Ditamankanak-Kanak Bobou. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(3), 709–718. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i3.1122

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Permendikbud. (2014) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud. (2022) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Rahmat, P. S., & Heryani, T. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 101–110. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/61

Ramadani, R. (2015). Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Menebalkan Huruf. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 582–587. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12346

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49-58. http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._pgtk/197010221998022-cucu_eliyawati/media_pembelajaran_anak_usia_dini-ppg_upi.pdf

Safira, I., Widiana, I. W., & Astawan, I. G. (2020). Instrumen Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Indonesian Journal of Instruction, 1(2), 85–94. https://doi.org/10.23887/iji.v1i2.31302

Tiningsih, Emi, D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education And Development, Vol.8(2), 399–408. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1729

Veryawan, V. (2020). Media Kartu Huruf Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 2(2), 151–164. https://doi.org/10.32505/lentera.v2i2.2119

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(1), 159-176. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/adabiya/article/view/257

Yasbiati, Pranata, O. H., & Fauziayah, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 20–29. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/7155




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i2.12564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: