Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Sosial Media Terintegrasi melalui Lesson Study

Samuel Agus Triyanto, Ilham Rohman Ramadhan

Abstract


Pandemi Covid-19 mendorong dominasi WhatsApp sebagai media pembelajaran daring di SDN 1 Picungremuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Namun, penggunaan WhatsApp oleh tenaga pengajar untuk penyampaian dan pengumpulan tugas dinilai kurang efektif dalam memaksimalkan interaksi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran terpadu berbasis media sosial (poster, video, dan podcast) melalui pendekatan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Pengembangan media mengadopsi model Research and Development (R&D) ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis kebutuhan, desain konseptual, pengembangan produk, implementasi terbatas, dan evaluasi. Kelayakan media dinilai berdasarkan tiga aspek: (1) validitas melalui penilaian ahli materi dan media, (2) praktikalitas melalui umpan balik praktisi (guru), dan (3) efektivitas melalui respons siswa sebagai subjek uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media terpadu yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan skor validasi ahli di atas 85% (kategori "sangat layak"), tingkat kepraktisan 82% (kategori "praktis"), dan efektivitas 80% berdasarkan persentase ketuntasan belajar siswa. Integrasi multimedia berbasis sosial media melalui lesson study terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif. Temuan ini merekomendasikan perlunya diversifikasi platform digital dalam pembelajaran daring untuk mengatasi keterbatasan penggunaan aplikasi tunggal seperti WhatsApp.

Keywords


Media Pembelajaran; Sosial Media Terintegrasi; Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science+Business Media. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Branch, R. M., & Kopcha, T. J. (2014). Instructional design models. In Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition (pp. 77–87). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_7

Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi (8th ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & Santoso, P. B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar | EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. In Journal of Education, Psychology and Counseling (Vol. 2, Issue 1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putri, V. K. A. (2018). Media Sosial Terintegrasi dalam Komunikasi Pemasaran Brand: Studi Komparasi Pemanfaatan Media Sosial Oleh High dan Low Involvement Decision Brand. Jurnal Komunikasi Indonesia, 4(2), 108–115. https://doi.org/10.7454/jki.v4i2.8889

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.

Susilo, H. (2013). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Seminar Dan Lokakarya PLEASE 2013 Di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia Jalan Argopuro 28-34, 1–32.

Yantoro, Y., Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 8–15. https://doi.org/10.29210/02021732




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.15287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Metaedukasi is Indexed by

Indeks DimensionsBASE Indeks Google Scholar Crossref Garuda BASE 


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats