Narasi Ekologis Tasikmalaya: Pendekatan Historical-Ecology dalam Pembelajaran Sejarah Kontekstual di SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrias, M. A., & Nurohman, T. (2017). Model Kebijakan Penggunaan Lahan: Analisis Ekonomi Politik Tentang Alih Fungsi Lahan Pertanian di Kota Tasikmalaya. Wiradimadja, A., Rakhman, M. A., & Pratiwi, P. (2018). Nilai-Nilai Karakter Sunda Wiwitan Kampung Naga sebagai Bahan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 103-116.
Badriyah, L., Masfufah, M., Rodiyah, K., Chasanah, A., & Abdillah, M. A. (2021). Implementasi Pembelajaran P5 dalam Membentuk Karakter Bangsa di Era Society 5.0: Implementation of P5 Learning in Forming National Character in Era Society 5.0. Absorbent Mind, 1(2), 65-83. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i02.3638
Balée, W. (2014). Historical ecology and the explanation of diversity: Amazonian case studies. In Applied ecology and human dimensions in biological conservation (pp. 19-33). Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-54751-5_2
Falah, M. F. Penerapan Metodologi Sejarah Kota Dengan Analisis Pendekatan Ekologi Kota Terhadap Literature: Cars, Conduits, and Kampongs Karya Freek Colombijn and Joost Cote. SEJARAH LOKAL: TANTANGAN DAN MASA DEPAN, 77.
Khoiroh, M., & Widiadi, A. N. (2025). Pengembangan Media Komik Digital Belajar Sejarah Untung Suropati (Besti) Berbasis Line Webtoon untuk Menunjang Kemampuan Berfikir Kronologis Peserta Didik. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.29408/fhs.v9i1.25558
Kurniawan, G. F., Warto, W., & Sutimin, L. A. (2019). Dominasi orang-orang besar dalam sejarah Indonesia: Kritik politik historiografi dan politik ingatan. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 4(1), 36-52. https://doi.org/10.14710/jscl.v4i1.21576
Kurniawan, S., & Kusuma, A. D. (2022). Erupsi Gunung Galunggung dan Dampaknya Bagi Masyarakat Disekitar Jawa Barat 1982-1983. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(4), 275-283. https://doi.org/10.24815/jimps.v7i4.22713
Leicht, A., & Byun, W. J. (2021). UNESCO’s Framework ESD for 2030. IBE on Curriculum, Learning, and Assessment, 89.
Pemerintah Kota Tasikmalaya. (2018). Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 5 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Tasikmalaya Tahun 2017–2022
Pemerintah Kota Tasikmalaya. (2022). Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 13 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Tasikmalaya Tahun 2022–2026
Rahmadian, F., & Dharmawan, A. H. (2014). Ideologi aktor dan persepsi masyarakat terhadap dampak pertambangan pasir di pedesaan Gunung Galunggung. Bogor: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 2(02).
Sekarini, N. L. (2023). Implementasi Etnopedagogi Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tematik di SD Negeri 1 Werdhi Agung. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian, 3(1), 23-33.
Sitorus, H. J. C., Cahyani, I., & Gafari, M. O. F. (2023). Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Materi Menulis Teks Deskripsi di SMP Labschool UPI. Asas: Jurnal Sastra, 12(1), 200-210.
Stroomberg, J. (2018). Hindia Belanda 1930. IRCiSoD.
Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan penting sejarah lokal sebagai objek pembelajaran untuk membangun kesadaran sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85-94. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.27035
Urba, M., Ramadhani, A., Afriani, A. P., & Suryanda, A. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital?. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 50-56. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2265
Wiyanarti, E., Supriatna, N., & Winarti, M. (2020). Pengembangan sejarah lokal sebagai sumber pembelajaran sejarah yang kontekstual. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 67-74. https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.21666
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i2.15320
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Metaedukasi is Indexed by
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter: