Eksplorasi Implementasi Dimensi Gotong Royong dalam Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agatha, S. O., & Winarni, R. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/download/77729/44475
Agatha, S. O., & Winarni, R. (2024). Implementasi profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/86307
Aulia, N., Nurdiyana, N., & Hadi, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Journal of Education and Culture, 2(1), 64–70. https://doi.org/10.58707/jec.v2i1.176
Awaliya, T. P., & Utami, R. D. (2024). Strengthening the gotong royong character of elementary school students through cooperative learning. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1763–1780. https://doi.org/10.17509/jik.v21i3.73624
Awaliya, T. P., Utami, R. D., & Surakarta, U. M. (2024). Inovasi Kurikulum. 21(3), 1763–1780.
Effendi, T. N. (2023). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini Tadjuddin Noer Effendi. https://scholar.archive.org/work/yygg7t4hp5bdtj526d6aiv7ndy/access/wayback/https://jurnal.ugm.ac.id/jps/article/download/23403/pdf
Erlina, U., Hartoyo, A., & Erlina, E. (2023). Merancang Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Sikap Gotong Royong dan Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 320–332. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1742
Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258
Irianto, D. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan Hidup Pada Siswa yang Mempunyai Hasil Belajar IPA Tinggi di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 61–73. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4571
Kurniawan, F. A., Nurfahrudianto, A., & Yohanie, D. D. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 636–649. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.2077
Mackiewicz, J. (2018). A Mixed-Method Approach. In Writing Center Talk over Time. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Muchlis, F., Napitupulu, D., & Faust, H. (2019). Gotong royong (cooperation) transformation of rural communities in Jambi Province, Indonesia. In Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah (Vol. 7, Issue 1). https://online-journal.unja.ac.id/JES/article/download/7466/9694
Muhamad Fahri Mawardi, A. M. dan M. A. (2024). Gotong Royong Sebagai Fondasi Moral Budaya: Perspektif Hukum Dan Keharmonisan Sosial. PROSIDING MIMBAR JUSTITIA Seminar, 1(1), 97–113.
Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47–66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221
Mustaghfiroh, V., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Sekolah dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong pada Siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 382–397. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p382-397
Pranadji, T. (2009). Penguatan Kelembagaan Gotong Royong dalam Perspektif Sosio Budaya Bangsa: Suatu Upaya Revitalisasi Adat Istiadat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan (Gotong Royong Institution Empowerment in the Perspectives of Nation Socio- Culture : Tradition Revitaliza. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 27, 61–712.
Pravitasari, P. D., & Mahfud, H. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di sekolah dasar. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/download/75773/42739
Pravitasari, P. D., Mahfud, H., & Supianto. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SDN Tunggulsari II Surakarta. Kemenristekdikti.Go.Id, 449, 1–6.
Sugiyono. (2013). E-Book Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta. https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=fstream&fid=140&bid=1879
Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Jati Diri Ke-Indonesia-an. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 95–102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v7i1.16222
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Metaedukasi is Indexed by
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter: