Eksplorasi Implementasi Dimensi Gotong Royong dalam Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama

Sendi Sendi, Diana Hernawati, Aradea Aradea

Abstract


Profil Pelajar Pancasila merupakan program pemerintah untuk mengembangkan karakter siswa berbasis nilai-nilai Pancasila, termasuk dimensi gotong royong. Nilai ini penting untuk ditanamkan sejak dini, terutama di jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi Implementasi Dimensi Gotong Royong dalam Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran IPA di kelas VII A SMPN satu atap 1 Sidamulih. Pendekatan kualitatif deskriptif analitis digunakan untuk memahami fenomena rendahnya sikap gotong royong di kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dimensi gotong royong, meliputi aspek kolaborasi, kepedulian, dan berbagi, telah berjalan dengan sangat baik. Guru berhasil membimbing siswa dalam bekerja sama, berkomunikasi efektif, serta berbagi tanggung jawab melalui diskusi kelompok. Pendekatan ini terbukti efektif dalam membangun sikap gotong royong melalui pembentukan kelompok heterogen. Hasil penelitian memberikan panduan praktis bagi guru untuk mengintegrasikan nilai-nilai gotong royong dalam pembelajaran berbasis karakter. Temuan ini menjadi landasan untuk memperkuat internalisasi nilai gotong royong di kalangan siswa, baik dalam pendidikan maupun kehidupan sehari-hari.

Keywords


Profil Pelajar Pancsila; Gotong Royong; IPA

Full Text:

PDF

References


Agatha, S. O., & Winarni, R. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/download/77729/44475

Agatha, S. O., & Winarni, R. (2024). Implementasi profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/86307

Aulia, N., Nurdiyana, N., & Hadi, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Journal of Education and Culture, 2(1), 64–70. https://doi.org/10.58707/jec.v2i1.176

Awaliya, T. P., & Utami, R. D. (2024). Strengthening the gotong royong character of elementary school students through cooperative learning. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1763–1780. https://doi.org/10.17509/jik.v21i3.73624

Awaliya, T. P., Utami, R. D., & Surakarta, U. M. (2024). Inovasi Kurikulum. 21(3), 1763–1780.

Effendi, T. N. (2023). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini Tadjuddin Noer Effendi. https://scholar.archive.org/work/yygg7t4hp5bdtj526d6aiv7ndy/access/wayback/https://jurnal.ugm.ac.id/jps/article/download/23403/pdf

Erlina, U., Hartoyo, A., & Erlina, E. (2023). Merancang Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Sikap Gotong Royong dan Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 320–332. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1742

Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258

Irianto, D. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan Hidup Pada Siswa yang Mempunyai Hasil Belajar IPA Tinggi di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 61–73. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4571

Kurniawan, F. A., Nurfahrudianto, A., & Yohanie, D. D. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 636–649. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.2077

Mackiewicz, J. (2018). A Mixed-Method Approach. In Writing Center Talk over Time. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

Muchlis, F., Napitupulu, D., & Faust, H. (2019). Gotong royong (cooperation) transformation of rural communities in Jambi Province, Indonesia. In Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah (Vol. 7, Issue 1). https://online-journal.unja.ac.id/JES/article/download/7466/9694

Muhamad Fahri Mawardi, A. M. dan M. A. (2024). Gotong Royong Sebagai Fondasi Moral Budaya: Perspektif Hukum Dan Keharmonisan Sosial. PROSIDING MIMBAR JUSTITIA Seminar, 1(1), 97–113.

Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47–66. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.221

Mustaghfiroh, V., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Sekolah dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong pada Siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 382–397. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p382-397

Pranadji, T. (2009). Penguatan Kelembagaan Gotong Royong dalam Perspektif Sosio Budaya Bangsa: Suatu Upaya Revitalisasi Adat Istiadat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan (Gotong Royong Institution Empowerment in the Perspectives of Nation Socio- Culture : Tradition Revitaliza. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 27, 61–712.

Pravitasari, P. D., & Mahfud, H. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di sekolah dasar. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/download/75773/42739

Pravitasari, P. D., Mahfud, H., & Supianto. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SDN Tunggulsari II Surakarta. Kemenristekdikti.Go.Id, 449, 1–6.

Sugiyono. (2013). E-Book Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta. https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=fstream&fid=140&bid=1879

Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Jati Diri Ke-Indonesia-an. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 95–102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v7i1.16222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Metaedukasi is Indexed by

Indeks DimensionsBASE Indeks Google Scholar Crossref Garuda BASE 


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats