Perancangan Aplikasi Edukasi Interaktif Baca dan Tulis Untuk Usia Prasekolah Berbasis Android

Dedi Saputra, Fajar Akbar, Eva Meilinda, Aji Sudibyo, Nanang Nuryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi edukasi interaktif berbasis Android yang berfokus pada pembelajaran membaca dan menulis untuk anak usia prasekolah, khususnya pada rentang usia 0 hingga 6 tahun yang sudah terdaftar di PAUD atau TK. Pada usia ini, perkembangan kognitif dan motorik anak sangat pesat, sehingga membutuhkan stimulasi yang tepat dan menyenangkan. Aplikasi ini dirancang menggunakan pendekatan multimedia interaktif, mengintegrasikan elemen visual, audio, dan sentuhan untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif. Metode perancangan yang digunakan meliputi analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka, pengembangan konten edukasi yang sesuai dengan kurikulum prasekolah, serta implementasi pada platform Android. Aplikasi ini akan menyajikan berbagai aktivitas seperti pengenalan huruf, latihan menulis dasar, permainan menyusun kata, dan aktivitas interaktif lainnya yang mendukung literasi dini. Hasil perancangan diharapkan menghasilkan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan oleh anak-anak, serta mampu meningkatkan minat belajar mereka dalam membaca dan menulis. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat bantu yang signifikan bagi orang tua dan pendidik dalam mendukung perkembangan anak usia dini secara holistik.

Keywords


Edukasi Interaktif; Prasekolah; Android

Full Text:

PDF

References


Ardiana, R. (2023). Implementasi media berbasis tik untuk pembelajaran anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 103–111. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.117

Görgen, R., Huemer, S., Schulte-Körne, G., & Moll, K. (2020). Evaluation of a digital game-based reading training for German children with reading disorder. Computers & Education, 150, 103834. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103834

Hughes-Roberts, T., Brown, D., Boulton, H., Burton, A., Shopland, N., & Martinovs, D. (2020). Examining the potential impact of digital game making in curricula based teaching: Initial observations. Computers & Education, 158, 103988. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103988

Kemendikbud. (2024). PERILISAN HASIL PISA 2022: PERINGKAT INDONESIA NAIK 5-6 POSISI. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018?

Kristina, A. (2024). Teknik wawancara dalam penelitian kualitatif. Deepublish.

Masfufah, U. (2021). Bahasa & Perkembangan Literasi pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Literatur. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(01), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.51675/alzam.v1i01.131

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17

Mukhadis, A. (2021). Pendekatan Kuantilatif dalam Penelitian Pendidikan: Dialektika Prosedur Penelitian Mixed Methods. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Octaviani, W. R., Putri, A. T., Rosmalia, A., Astuti, K., Dewi, B. N. S., & Istiningsih, S. (2025). Desain Model Pembelajaran Literasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun Berbasis Teknologi Interaktif Multisensori. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 488–495. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.624

Rintang, K., Istiyati, S., & Hadiyah, H. (2021). Analisis peran guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 54–59. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.49044

Ronimus, M., Kujala, J., Tolvanen, A., & Lyytinen, H. (2014). Children’s engagement during digital game-based learning of reading: The effects of time, rewards, and challenge. Computers & Education, 71, 237–246. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.10.008

Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi LiterasiAnak Prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jpsi.6942

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia Communication.

Santoso, S. T. P., & Jaya, T. J. (2023). Peran orangtua untuk menstimulasi literasi permulaan pada anak usia pra sekolah. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), 82–89. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v7i1.18707

Saputra, D., Haryani, H., Surniandari, A., Martias, M., & Akbar, F. (2022). Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(2), 403–416. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v21i2.1591

Saputra, D., Meilinda, E., & Sidauruk, J. (2024). RPG based educational game on basic arithmetic using the MDLC method. ITEGAM-JETIA, 10(47), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.5935/jetia.v10i47.1112

Saputri, A. E., & Rochmiyati, S. (2024). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 255–267. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2788

Siregar, A. K. (2024). Meningkatkan motorik Halus Anak Usia Dini melalui Permainan Origami. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 31–36. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.12469

Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi serta peran orang tua dan guru terhadap pentingnya stimulasi literasi pada anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931–3943. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2453

Syasri, S. I. H., Irsyad, M., & Yanto, F. (2023). Model game edukasi pembelajaran bahasa arab berbasis android untuk anak-anak. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 4(3), 763–771. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/coscitech.v4i3.6428

Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan literasi di rumah pada anak pra sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059

Yam, J. H. (2022). Refleksi penelitian metode campuran (mixed method). EMPIRE, 2(2), 126–134. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/empire.v2i2.3310




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v7i1.16377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Metaedukasi is Indexed by

Indeks DimensionsBASE Indeks Google Scholar Crossref Garuda BASE 


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats