PENGARUH MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA

Etik Ristinawati

Abstract


tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi animalia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai dengan bulan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi kelas X SMA Negeri 1 Cikijing, sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik 322 orang. Sampil diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrument hasil belajar berupa pilihan majemuk berjumlah 28 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji ANCOVA dengan α 0,05. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji ANCOVA diperoleh signifikansi corrected model sebesar 0,000< 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera di kelas X IPA SMA Negeri 1 Cikijing, tahun ajaran 2018/2019.


Keywords


Learning Outcomes, Meaningful Instructional Design (MID) Model.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Azali, Muttaki. Et al. Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII. 2018

Chotimah, dan Fathurrohman. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Dahar, Ratna Wilis. (2011).Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT GELORA AKSARA PRATAMA

Ekawati, Estina dan Setiawan.(2011).Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Yogyakarta: Kementrian pendidikan nasional

Hamalik, Oemar. (2015). Proses Belajar Menajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jihad, Asep. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Jumiati. Et.Al. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together (NHT) Pada Materi Gerak Tumbuhan Di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. (02): 170

Marjan, Johari, Putu Arnyana dan Nyoman Setiawan. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (4): 2

Marleni, Lusi. (2016). Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang.01: (151)

Mistiawati. (2017). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Seni Budaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Meaningful Instructionnal Design (Mid) Di Kelas Xi.Ipa.2 Sman 1 Pasama. Jurnal Manajemen Pendidikan. (02): 356

Nismalasari, et.al. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. EduSains.(04): 83

Purwanti, N. et.al. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo

Qomariah, Siti Saptari. (2016).Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa. (04): 41

Reece. et.al. (2008). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3.Jakarta: Erlangga

Reece. et.al. (2011). Biology Tenth Edition Jilid 3.Jakarta: Erlangga

Ricardo, dan Rini Intansari M.Impak Minat dan Motivasi Belajar Trhadap Hasil Belajar Siswa.(01): 82.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA

Sari, Dewi Tanjung, Kistiani dan Dewi K.W. (2015). Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekonomi Di Sma Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. 978-602-8580-19-9

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2018. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor Yang Memengaruhi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA Solihatin, Etin & Raharjo. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sritresna, Teni. (2015). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative-Learning Design (MID). Jurnal Pendidikan Matematika. (5): 14-15

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABET.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i1.1806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal METAEDUKASI




©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: