PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS BELAJAR SISWA

Ucu Sumantri

Abstract


Adapun permasalahan dalam ptk ini adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas belajar siswa?, 2) Bagaimana pengaruh kreativitas guru terhadap produktivitas belajar siswa? 3) Bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kreativitas guru terhadap produktivitas belajar siswa?. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah (X1), kreativitas guru (X2) dan produktivitas belajar siswa (Y). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif, metode deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk mencari unsur-unsur, ciriciri, sifat-sifat suatu fenomena. Metode ini dimulai dengan mengumpulkan data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Dalam pelaksanaanya dilakukan melalui: teknik survey, studi kasus, studi komparatif, analisis tingkah laku dan analisis dokumenter.Penelitian ini mencoba menggambarkan realita dan faktafakta dari permasalahan yang diteliti secara mendalam dengan cara mencari data yang faktual dari variabel-variabel yang diteliti, sehingga hubungan antar variabel dapat dianalisis dengan analisis kuantitatif melalui uji statistik dengan menggunakan program SPSS 17.0 For Windows. Adapun hasil penelitian yang diperoleh memberikan kesimpulan 1) Terdapat pengaruh signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah sebesar 19,89%. Terhadap produktivitas belajar siswa. Artinya semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka akan semakin baik produktivitas belajar siswa. 2) Terdapat pengaruh signifikan dari kreativitas guru sebesar 17,89% terhadap produktivitas belajar siswa. Artinya semakin baik kreativitas guru maka akan semakin baik produktivitas belajar siswa. 3) Terdapat pengaruh signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah dan kreativitas guru sebesar 62,5% terhadap produktivitas belajar siswa. Artinya semakin baik kepemimpinan kepala sekolah dan kreativitas guru, maka akan semakin baik produktivitas belajar siswa.


Keywords


Kepemimpinan Kepala sekolah, Kreativitas Guru, Produktivitas Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Diknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Gramedia Mulyasa, E. (2005), Menjadi Kepala Sekolah propfesional . Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Semiawan, Conny. (2007). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta : Gramedia

Slameto ( 2010 ) Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono.(2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i1.1807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal METAEDUKASI




©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: