PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP VERTEBRATA

Tio Fanky Kresnandya

Abstract


Dalam dunia pendidikan, peranan media pembelajaran sangat penting yang berguna untuk menghidupkan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran. Akan tetapi keterbatasan media yang ada disekolah menjadi salah satu permasalahan, sehingga menuntut guru untuk membuat sendiri media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dalam penelitian ini, dikaji mengenai penggunaan media video animasi powtoon serta pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep Vertebrata di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan April s.d Mei 2019 di SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan true experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi berjumlah 148 orang, dengan teknik sampling cluster random sampling, kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan instrumen yang telah tervalidasi ahli yang selanjutnya dilakukan uji coba instrumen, jumlah butir soal yang valid sebanyak 32 dengan bentuk instrumen pilihan majemuk. Berdasarkan analisis statistik dengan uji t pada taraf signifikansi (α) = 0,05 disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar pada pembelajaran sub konsep Vertebrata di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.


Keywords


Learning outcomes; Media; Powtoon; Vertebrate

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Andriani F.P. (2018). Analisis Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Powerpoint dan Powtoon Berbasis Problem Based Learning (Pbl) pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3).

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo persada.

Fajar, et al. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa pata Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Educational Technologia, 3(2).

Ismail, M., Laliyo, L. A., & Alio, L. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri I

Suhendra, I. et al. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio-visual Powtoon Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa Campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3).

Wulandari, et al. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar PPKN pada Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 8 Kota Jambi. FKIP PPKN Universitas Jambi.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i1.1810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal METAEDUKASI




©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: