PENINGKATAN KOMPETENSI ICT GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH

Aminah Aminah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi ICT Guru dalam pembelajaran melalui supervisi akademik dan untuk mengetahui aktivitas guru dalam pengembangan kompetensi ICT melelaui supervisi akademik di SD Negeri Sukamulya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru SDN Sukamulya sebanyak 7 orang. Waktu penelitian yaitu pada semester genap, bulan Pebruari sampai dengan bulan April 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian pengolahan dan analisis data terjadi peningkatan kompetensi guru dalam pengembangan ICT pada proses pembelajaran, melalui supervisi oleh kepala sekolah terhadap guru SD Negeri Sukamulya. Aktivitas guru dalam kegiatan
pembinaan berkaitan dengan peningkatan kemampuan pengembangan pembelajaran berbasis ICT pada siklus kedua lebih baik daripada pada siklus kesatu.


Keywords


Kompetensi; ICT; Supervisi

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya . (Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : BSNP.

Depdiknas. (2003). Revitalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta : Program Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. (2008). Pedoman Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Pengembangan kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA / SD. Jakarta : Dirjen PMPTK.

Hadjam, Noor Rochman , Sofia Retnowati, and Widhiarso, Wahyu. (2003). Mewujudkan Budaya Damai Anti Kekerasan di Sekolah Melalui Senyum Sapa dan Salam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan

Nana Sudjana. (2009). Penelitian Tindakan Kepengawasan, Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Jakarta : Binamitra Publishing.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Syaiful Sagala. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal METAEDUKASI




©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: