EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA DI KELAS X SMA IT RIYADLUSSHOLIHIN SUKARATU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas X MIA SMA IT Riyadlussholihin Sukaratu Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X sebanyak 2 kelas. Sampel yang diambil dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh siswa kelas X MIA 1 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis peserta didik pada materi plantae sub konsep bryophyta dan pteridophyta, dengan bentuk soal berupa uraian sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh secara efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Choirul, Umam (2016) Biologi Untuk SMA Kelas X . Jakarta:Erlangga
Dafrita, I. E. (2017). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis dalam Menemukan Konsep Keanekaragaman Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Informatikadan Sains,6(1):32-46.
Desi (2019). Analsisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik dalam Pembelajaran Biologi Jurnal STKIP Modern NgawiVolume 6 No. 1, Mei 2019
Ennis, R. H. (2001). Critical Thinking Assesment. Artikel.
Facione, P.A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae CA: Measured Reason and The California Academic Presss.
Fisher, Alec (2009) Berfikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta:Erlangga
Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., dan H. H. Hyun. (2017) How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: McGrow-Hill.
Indah Pratiwi, Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4, Nomor 1, Juni 2019
Jihad, Asep. dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan. Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama
Mukaromah (2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik UPI Indonesian Journal of Primary Education
– Vol .2, No. 1 (2018) 38-47 http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Masrida, dkk (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas VIII MTSN Libureng Kabupaten Bone Jurnal Universitas Negeri Makasar Volume 7 Nomor 2 2017
Nikmah (2018) Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Asam Basa Arrhenius Jurnal FKIP Universitas
Lampung, Mey 15th, 2018 Accepted: Mey 24 th, 2018 Online Published: Mey 26 th, 2018
Norhasanah (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan, Vol. 4, No. 5, Bln Mei, Thn 2019, Hal 593—599
Nur, Mohamad., Nasution.dan Suryanti, (2013). Berpikir Kritis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi
OECD. (2016). Country Note: Indonesia. Program for international student assessment (PISA)
OECD. (2018a). PISA Result in Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-infocus
OECD. (2018c). The future of education and skills, Education 2030. https://www.oecd.org/education/2030/E2030%20Position%20Paper%20(05.04.201 8).pdf
Rahmawati., Widodo, W., dan Prabowo. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan SainsPascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 1(20): 68- 73.
Pratiwi, F. A., Hairida, dan Rasmawan, R. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal. 1-16.
Purwanto, C. E., Nughoro, S. E., dan Wiyanto. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Unnes Physics Education Journal, 1(1): 26-32
Puspaningtyas (2017) Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep.Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Volume 5, Nomor 9, Oktober 2017, Halaman 1003 ISSN: 2338-1183
Rahayu Gustika, dkk. (2018)Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Leaning Model) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika di SMAN 3 Bengkulu Tengah. Jurnal UNIB Volume 1 Nomor 1 2018
Sani, Abdullah Ridwan.(2015).Pembelajaran Saintetifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara
Shampa Iftakhar,(2016) “Google Classroom: What Works And How? Journal of Education and Social Sciences, Vol. 3,
Schafersman, S. D. (1991). Introduction to critical thinking. http://www.freeinquiry. com/criticalthinking. html. Diakses pada tanggal 25 September 2018
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sujianto, Agus Eko. (2009). Aplikasi Statistik SPSS 16,0. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Sumianingrum, (2017) Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara.Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 1 April 2017 hal 17-24 e-ISSN: 2549-9114 dan p-ISSN: 2549-9203
Sutarno, M. (2009). Keterampilan Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia: https://fisika21.wordpress.com /2009/11/15/keterampilan-berpikir-kritis/. [29 November 2015].
Takdir, Mohammad (2012) Pembelajaran Discovery Strategy & Vocasional Skill. Yogyakarta: Diva Press
Tantri (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMA di Kecamatan Kalidonidan Ilir Timur II. Jurnal Universitas Muhamadiyah Palembang. Vol 7. No 2 Oktober 2018
Tanwil, Muh. dan Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar : UNM Press.
Tjitrosoepomo, Gembong. (2009). Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Warsono (2017) Pembelajaran Aktif Bandung : Remaja Rosdakarya
Yohana, Sulistyaningsih (2016), Edisi 1 / 3 SKS / Modul 1-9 376 halaman: ilustrasi; 21 cm ISBN: 9796897571 Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Zubaidah, S., Corebima, A.D., dan | Mistianah. 2015. Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Symposium on Biology Education (Symbion) di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta pada tanggal 4 April 2015.
Zubaidah, dkk.2018 Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri Kota Baru Pada Mata Pelajaran Biologi Jurusan Biologi-FMIPA, Universitas Negeri Malang Prosiding
Seminar Nasional Biologi / IPA dan Pembelajarannya tanggal 17 Juni 2018
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2512
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: