EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA DI KELAS X SMA IT RIYADLUSSHOLIHIN SUKARATU

Reni Meriyana, Purwati Kuswarini Suprapto, Diana Hernawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas X MIA SMA IT Riyadlussholihin Sukaratu Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X sebanyak 2 kelas. Sampel yang diambil dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh siswa kelas X MIA 1 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis peserta didik pada materi plantae sub konsep bryophyta dan pteridophyta, dengan bentuk soal berupa uraian sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh secara efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.


Keywords


Efektivitas; Discovery Learning; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Choirul, Umam (2016) Biologi Untuk SMA Kelas X . Jakarta:Erlangga

Dafrita, I. E. (2017). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis dalam Menemukan Konsep Keanekaragaman Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Informatikadan Sains,6(1):32-46.

Desi (2019). Analsisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik dalam Pembelajaran Biologi Jurnal STKIP Modern NgawiVolume 6 No. 1, Mei 2019

Ennis, R. H. (2001). Critical Thinking Assesment. Artikel.

Facione, P.A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae CA: Measured Reason and The California Academic Presss.

Fisher, Alec (2009) Berfikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta:Erlangga

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., dan H. H. Hyun. (2017) How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: McGrow-Hill.

Indah Pratiwi, Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4, Nomor 1, Juni 2019

Jihad, Asep. dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan. Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama

Mukaromah (2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik UPI Indonesian Journal of Primary Education

– Vol .2, No. 1 (2018) 38-47 http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Masrida, dkk (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas VIII MTSN Libureng Kabupaten Bone Jurnal Universitas Negeri Makasar Volume 7 Nomor 2 2017

Nikmah (2018) Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Asam Basa Arrhenius Jurnal FKIP Universitas

Lampung, Mey 15th, 2018 Accepted: Mey 24 th, 2018 Online Published: Mey 26 th, 2018

Norhasanah (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan, Vol. 4, No. 5, Bln Mei, Thn 2019, Hal 593—599

Nur, Mohamad., Nasution.dan Suryanti, (2013). Berpikir Kritis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi

OECD. (2016). Country Note: Indonesia. Program for international student assessment (PISA)

OECD. (2018a). PISA Result in Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-infocus

OECD. (2018c). The future of education and skills, Education 2030. https://www.oecd.org/education/2030/E2030%20Position%20Paper%20(05.04.201 8).pdf

Rahmawati., Widodo, W., dan Prabowo. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan SainsPascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 1(20): 68- 73.

Pratiwi, F. A., Hairida, dan Rasmawan, R. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal. 1-16.

Purwanto, C. E., Nughoro, S. E., dan Wiyanto. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Unnes Physics Education Journal, 1(1): 26-32

Puspaningtyas (2017) Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep.Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Volume 5, Nomor 9, Oktober 2017, Halaman 1003 ISSN: 2338-1183

Rahayu Gustika, dkk. (2018)Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Leaning Model) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika di SMAN 3 Bengkulu Tengah. Jurnal UNIB Volume 1 Nomor 1 2018

Sani, Abdullah Ridwan.(2015).Pembelajaran Saintetifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara

Shampa Iftakhar,(2016) “Google Classroom: What Works And How? Journal of Education and Social Sciences, Vol. 3,

Schafersman, S. D. (1991). Introduction to critical thinking. http://www.freeinquiry. com/criticalthinking. html. Diakses pada tanggal 25 September 2018

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sujianto, Agus Eko. (2009). Aplikasi Statistik SPSS 16,0. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Sumianingrum, (2017) Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara.Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 1 April 2017 hal 17-24 e-ISSN: 2549-9114 dan p-ISSN: 2549-9203

Sutarno, M. (2009). Keterampilan Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia: https://fisika21.wordpress.com /2009/11/15/keterampilan-berpikir-kritis/. [29 November 2015].

Takdir, Mohammad (2012) Pembelajaran Discovery Strategy & Vocasional Skill. Yogyakarta: Diva Press

Tantri (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMA di Kecamatan Kalidonidan Ilir Timur II. Jurnal Universitas Muhamadiyah Palembang. Vol 7. No 2 Oktober 2018

Tanwil, Muh. dan Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar : UNM Press.

Tjitrosoepomo, Gembong. (2009). Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Warsono (2017) Pembelajaran Aktif Bandung : Remaja Rosdakarya

Yohana, Sulistyaningsih (2016), Edisi 1 / 3 SKS / Modul 1-9 376 halaman: ilustrasi; 21 cm ISBN: 9796897571 Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Zubaidah, S., Corebima, A.D., dan | Mistianah. 2015. Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Symposium on Biology Education (Symbion) di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta pada tanggal 4 April 2015.

Zubaidah, dkk.2018 Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri Kota Baru Pada Mata Pelajaran Biologi Jurusan Biologi-FMIPA, Universitas Negeri Malang Prosiding

Seminar Nasional Biologi / IPA dan Pembelajarannya tanggal 17 Juni 2018




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: