HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 CARACAS

Merdekawati Hisby, E Kosasih

Abstract


Penelitian.ini .bertujuan .untuk .mengetahui. hubungan. antara.pola.asuh.orang tua dengan .hasil .belajar. .PKn.dan. pola.asuh .yang.diterapkan. .oleh… orang.tua. (tipe demokratis, otoriter dan permisif). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Caracas Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis korelasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyakv38psiswa. Teknik9 pengumpulan .data yaitu berupa observasi, dan..angket. Uji hipotesis.penelitian ini adalah analisis.koefisien korelasi product .moment. Hasil penelitian ini. ,menunjukan bahwa terdapat
hubungan positif yang signifkan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 2 Caracas dengan besar korelasi12,1%. Besar hubungan pola asuh orang tua dengan tipe demokratis diperoleh sebesar 17%, tipe otoriter sebesar 13,1% dan tipe permissif sebesar 12,2%.


Keywords


Pola asuh orang tua; Hasil belajar PKn

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Casmini. (2007). Emotional Parenting. Dasar-dasar Pengasuhan Kecerdasan Emosi Anak. Yogyakarta: Pilar Media

Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Alih Bahasa Istiwidayanti dkk. Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

King, Laura. (2010). Psikologi Umum. Jakarta : Salemba Humanika. Manurung. (1995). Manajemen Keluarga. Bandung : Indonesia Publishing House

Muhibbin Syah (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution, T dan Nurhalijah. (1986). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: BPK Guna Mulia

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rakhmad, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Soekanto, Soerjono. (2004). Sosiologi Keluarga. Rineka Cipta. Jakarta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tulus, Tu’u. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo

Yatim, D.I. dan Irwanto. (1991). Kepribadian, Keluarga, dan Narkotika : Tinjauan Sosial Psikologis. Jakarta Penerbit : Arcan.

Yusniah, (2008). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa MTS Al-Falah Jakarta Timurâ€. Jakarta: Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal METAEDUKASI




©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: