MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMBENTUKAN LESSON STUDY GROUP

Cucum Sumiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru melaksanakan pembelajaran sebelum pelaksanaan Lesson Study Group di SD Negeri I Kadipaten Tasikmalaya dan untuk mengetahui pelaksanaan Lesson Study Group untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran di SD Negeri I Kadipaten Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri I Kadipaten beralamat di Desa Kadipaten Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian difokuskan dalam Program Lesson Studi Group untuk mata pelajaran Matematika. Sebagai subjek dari penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri I Kadipaten tahun pelajaran 2019/2020 yang dibatasi 8 orang guru kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan pada bulan
Agustus – Oktober tahun 2019. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research), yaitu sebuah penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti dan guru, dalam meningkatkan kemampuan
guru melaksanakan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Berdasarkan hasil tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam dua
siklus, setelah di analisis terjadi peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran setelah
pelaksanaan Lesson Studi Group di SD Negeri I Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, yaitu pada kondisi awal guru
yang memperoleh skor kurang berjumlah 36,5%, sedangkan pada akhir siklus 2 tidak ada. Responden yang
memperoleh skor cukup pada kondisi awal 62,5%, maka pada akhir siklus 2 menjadi tidak ada. Sebaliknya pada
kondisi awal yang memperoleh skor baik dan sangat baik tidak ada, sedangkan pada akhir siklus 2 yang
memperoleh skor baik 75% dan skor sangat baik 25%.


Keywords


Kemampuan Guru; Lesson Study Group; Penelitian Tindakan

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya),

Azhar (2007). Media Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Pers)

Burhan Bungin (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Depag RI, (2007). Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Pendidikan, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI),

Departemen Pendidikan Nasional, (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, (Jakarta: Depdiknas)

Djumhur, dkk (1975). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah (Bandung: CV. Ilmu,)

Gunawan Undang (2009). Lesson Study: Model Pengkajian Pembelajaran Kolaboratif, (Bandung : Sayagatama).

Hamzah B. Uno (2007). Profesi Kependidikan, (Jakarta: Bumi Aksara)

Hasan Alwi, (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka)

Kunandar. (2007). Guru Profesional (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Lexy Moleong (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya)

M. Nasir Usman. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru Konsep, Teori dan Model (Jakarta: Cipta Pustaka Media)

Moh. Uzer Usman. (2005). Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Muhibbin Syah. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosda Karya).

Muhaimin Abdul Mujib (1993). Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Trigenda Karya)

Muhammad Ali (1987). Guru dalam Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Sinar Baru Algesindo)

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2007). Media Pengajaran, (Jakarta: Sinar Baru Algesindo)

Pendidikan Nasional (2007), Salinan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, (Jakarta: Kemendiknas)

R. Ibrahim dan Nana Syaodih (1996). Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta)

Roestiyah (1986). Masalah Pembelajaran (Jakarta: Bina Aksara)

Rusman (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru (Jakarta: Raja Grafindo Persada),

Saito, dkk (2006). Development of School Based In-Service Teacher Training Under The Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project (Jakarta: Improving Schools)

Sardiman. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Raja Grafindo Persada),

Sumar Hendayana, dkk (2006). Pedoman Implementasi Lesson Study (FMIPA : Bandung)

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (1997). Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka

Wina Sanjaya (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Remaja Rosda Karya)




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal METAEDUKASI




©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: