UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO
Abstract
Berhasil tidaknya pembelajaran sangat tergantung kepada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Guru merupakan ujung tombak paling depan dalam mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Salah satunya kemampuan guru dalam
menggunakan media pembelajaran. Kompetensi peserta didik yang ditingkatkan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sub materi “ Potensi Kemaritiman Indonesiaâ€. Dengan menggunakan media Video, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar pembelajaran peserta didik kelas VII-H SMP Negeri 1 Cihaurbeuti dalam kegiatan pembelajaran IPS. Dengan penelitian ini diharapkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran oleh guru dan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik . Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penggunaan media video dalam peningkatan hasil belajar kelas VII-H dalam pembelajaran IPS . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 3 (tiga) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan (observasi), quisioner dan tes tertulis. Hasil penelitian ini dengan menggunakan media video menunjukkan adanya peningkatan, baik itu proses pembelajaran maupun hasil belajar pengetahuan dan keterampilan. Proses Pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan dari siklus ke siklus. Pada kegiatan pra-siklus rata-rata skor hanya 2,81 dengan katagori cukup, pada siklus-1 menigkat menjadi rata-rata skor 3,09 dengan katagori baik. Pada siklus-2 skor meningkat menjadi 3,40 dengan katagori baik. Pada siklus-3 menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, yaitu skor 4 dengan katagori sangat baik. Begitu pula hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dari siklus ke siklus. Hasil belajar pengetahuan pada ulangan tertulis pra-siklus masih rendah, yaitu rata-rata nilai 72,09.Pada siklus-1 meningkat menjadi 74,25, siklus-2 rata-rata nilai 76,72 dan pada siklus-3 rata-rata nilai meningkat menjadi 79,91. Pada hasil belajar keterampilan peserta didik juga terjadi peningkatan. Hasil belajar keterampilan diskusi pada prasiklus rata-rata nilai 69,66, siklus-1 rata-rata nilai 74,97, siklus-2 rata-rata nilai 77,33 dan pada siklus-3 rata-rata nilai meningkat menjadi 78,36. Nilai keterampilan presentasi menunjukkan adanya peningkatan dari siklus ke siklus. Pada pra-siklus rata-rata nilai 72,56, siklus-1 rata-rata nilai 74,88, siklus-2 rata-rata nilai 77,16 dan pada siklus-3 rata-rata nilai terjadi peningkatan menjadi 78. Penilitian Tindakan Kelas (PTK) ini dengan menggunakan media video pada materi “ Potensi Kemaritiman Indonesia†menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas VII-H pada SMP Negeri 1 Cihaurbeuti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mulyasa, E . (2009). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Refika Aditama
Nana Sujana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Rosdakarya
Dimyati dan Mudjiono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Whardana , Yana. 2010. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung : Pribumi Mekar
Arsyad , Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sukamto dkk. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Sugihartono, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Wardhana Yana. 2010. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung : Pribumi Mekar
Rusman , dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : CV. Pustaka Cendikia Utama.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara Abu Ahmadi. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: