MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS RASTEM UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Enjah Takari Rukmansyah

Abstract


Perkembangan dan kemanjuan sains dan teknologi yang sangat cepat tak dapat dihindari. Dari perkembangan teknologi ini berdampak terhadap pendidikan, sehingga dikembangkan pembelajaran yang berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dapat membantu menstimulus kemampuan mereka menghadapi tantangan Era Indutri 4.0 dan era selanjtunya. Padahal Era Indutri 4.0 dan era selanjutnya, selain memiliki dampak positif juga akan ada negatifnya. Maka tidak cukup dengan STEM, perlu ada penambahan berupa Religy dan Art, sehingga STEM dapat saja diubah menjadi RASTEM, yaitu Religy, Art, Science,
Technology, Engineering, and Mathematics. Atas pertimbangan tersebut, tulisan ini akan menjelaskan konsep pembelajaran RASTEM yang dipadukan pada pembelajaran di sekolah. Pada pembelajaran berbasis RASTEM diharapkan menghasilkan peserta didik yang memiliki critical thinking skills dengan optimal dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan sekarang era industri 4.0 dan masa depan.


Keywords


Model Pembelajaran; RASTEM; Critical Thinking skill; Era Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Agusta Danang Wijaya, 2015. Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada kurikulum indonesia. Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, Sabtu, 21 November 2015 Bale Sawala Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor

Asep Agus Sulaeman dan Noeraida, 2018. Unit Pembelajaran STEM. Kementerian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan, P4TK IPA, Bandung

Asmuniv, 2018 Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner Dalam Menyosong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Widyaiswara

PPPPTK-VEDC Malang

Bligh, A. 2015. Towards a 10-year plan for science, technology, engineering and mathematics (STEM) education and skills in Queensland. Queensland: Department of Education, Training and the Arts

Gonzalez, H.B. & Kuenzi, J. J. 2012. Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service.[di akses 5-2-2014].




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal METAEDUKASI




©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: