MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS RASTEM UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Perkembangan dan kemanjuan sains dan teknologi yang sangat cepat tak dapat dihindari. Dari perkembangan teknologi ini berdampak terhadap pendidikan, sehingga dikembangkan pembelajaran yang berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dapat membantu menstimulus kemampuan mereka menghadapi tantangan Era Indutri 4.0 dan era selanjtunya. Padahal Era Indutri 4.0 dan era selanjutnya, selain memiliki dampak positif juga akan ada negatifnya. Maka tidak cukup dengan STEM, perlu ada penambahan berupa Religy dan Art, sehingga STEM dapat saja diubah menjadi RASTEM, yaitu Religy, Art, Science,
Technology, Engineering, and Mathematics. Atas pertimbangan tersebut, tulisan ini akan menjelaskan konsep pembelajaran RASTEM yang dipadukan pada pembelajaran di sekolah. Pada pembelajaran berbasis RASTEM diharapkan menghasilkan peserta didik yang memiliki critical thinking skills dengan optimal dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan sekarang era industri 4.0 dan masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusta Danang Wijaya, 2015. Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada kurikulum indonesia. Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, Sabtu, 21 November 2015 Bale Sawala Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor
Asep Agus Sulaeman dan Noeraida, 2018. Unit Pembelajaran STEM. Kementerian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan, P4TK IPA, Bandung
Asmuniv, 2018 Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner Dalam Menyosong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Widyaiswara
PPPPTK-VEDC Malang
Bligh, A. 2015. Towards a 10-year plan for science, technology, engineering and mathematics (STEM) education and skills in Queensland. Queensland: Department of Education, Training and the Arts
Gonzalez, H.B. & Kuenzi, J. J. 2012. Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Congressional Research Service.[di akses 5-2-2014].
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: