Korelasi Kemampuan Berpikir Reflektif Terhadap Self-Confidence
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kemampuan berpikir reflektif terhadap self-confidence peserta didik di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Talaga. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas X MIPA sebanyak 7 kelas dengan jumlah peserta didik berjumlah 252 orang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling berupa kelas X MIPA 6. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes untuk kemampuan berpikir reflektif dan kuisioner untuk self-confidence. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariate dan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi kemampuan berpikir reflektif terhadap self-confidence (R= 0.633; R Square= 0.401). Sehingga kontribusi dari kemampuan berpikir reflektif terhadap self-confidence sebesar 40.1%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkotasan, N. (2013). Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 92–100. https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8497
Başol, G., & Gencel, I. E. (2013). Reflective thinking scale: A validity and reliability study. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 13(2), 941–946.
Choy, S. C., Yim, J. S. C., & Tan, P. L. (2017). Reflective thinking among preservice teachers: A Malaysian perspective. Issues in Educational Research, 27(2), 234–251.
Dianti, A., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(5), 332–343.
Ernawati, L. (2018). Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Teorema Phytagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Kampak Tahun Ajaran 2017/2018. IAIN Tulungagung.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hanifah Ameliah, I., & Munawaroh, M. (2016). Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 9–21. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.598
Khalid, F., Ahmad, M., Karim, A. A., Daud, M. Y., & Din, R. (2015). Reflective Thinking: An Analysis of Students’ Reflections in Their Learning about Computers in Education. Creative Education, 6(20), 2160–2168. https://doi.org/10.4236/ce.2015.620220
Mainali, B. P. (2012). Higher order thinking in education. Academic Voices, 2(1), 6–10.
Mathew, P., Mathew, P., & Peechattu, J. (2017). Reflective Practices: a Means To Teacher Development. Asia Pacific Journal of Contemporary Education and Communication Technology, 3(1), 126–131.
Maxwell, J. C. (2003). Thinking For a Change. New York: Hachette Book Group.
Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Infinity Journal, 3(2), 174–188. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.62
Novianti, A., Noor, M. F., & Susanti, B. H. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. EDUSAINS, VI(01), 111–116.
Pianpeng, T., & Koraneekij, P. (2016). Development of a Model of Reflection Using Video Based on Gibbs’s Cycle in Electronic Portfolio to Enhance Level of Reflective Thinking of Teacher Students. International Journal of Social Science and Humanity, 6(1), 26–31. https://doi.org/10.7763/ijssh.2016.v6.612
Sahrunanca, R., & W, D. A. (2013). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kreativitas kelompok belajar “sekolah kami†di bekasi. Jurnal Psycho Idea, 11(1), 49–55.
Salido, A., & Dasari, D. (2019). The analysis of students’ reflective thinking ability viewed by students’ mathematical ability at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022121
Sara, S., Suhendar, & Pauzi, R. Y. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Penapasan Manusia. Bioedusiana, 5(1), 42–49.
Surbeck, E., Han, E. P., & Moyer, J. E. (1991). Assesing Reflective Responses in Journals. 25–27.
Tangen, D., & Mercer, L. (2012). International Pre-Service Teachers Self-Confidence in Critical Reflective Thinking and Writing through an Intercultural Patches Program. TESOL in Context, 22(1), 56–70.
Tendrita, M., & Sari, A. P. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Dipadu RQA Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Bioedusiana, 5(1), 1–10.
Tican, C., & Taspinar, M. (2015). The effects of reflective thinking-based teaching activities on pre-service teachers’ reflective thinking skills, critical thinking skills, democratic attitudes, and academic achievement. Anthropologist, 20(1–2), 111–120. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891730
Tisngati, U. (2015). Proses Berpikir Reflektif Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Berdasarkan Langkah Polya. Beta: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 127–136.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: