Relevansi Pemikiran Pendidikan dan Perjuangan Ki Hajar Dewantara Terhadap Pendidikan Karakter

Husnul Khotimah

Abstract


Pendidikan karakter adalah hal yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan moral bangsa Indonesia. Semakin tingginya kenakalan remaja, semakin dibutuhkan pula pendidikan karakter. Ki Hajar Dewantara adalah tokoh yang berperan besar dalam sejarah pendidikan Indonesia yang perjuangan dan pemikirannya harus kita jadikan pedoman di zaman sekarang. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji pemikiran dan perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam relevansinya terhadap pendidikan karakter bangsa. Kita akan megetahui pemikiran dan perjuangan seperti apa yang dapat mempengaruhi dan memperbaiki moral bangsa yang baik. Pengumpulan data diambil dari sumber-sumber baik buku ataupun artikel ilmiah yang behubungan atau berkenaan langsung dengan tema pembahasan atau fokus pembahasan. Penarikan kesimpulan dilakukan setelah semua data terkumpul dengan cara deduktif maupun induktif.  Dari penelitian ini kita dapat mengetahui bahwa keluarga adalah pusat dari semua pendidikan. Lingkungan keluarga adalah tempat utama dan tempat permulaan bagi setiap individu sebab di lingkungan keluargalah pertama kalinya pendidikan diberikan oleh orang tua. Namun bukan berarti bahwa lembaga pendidikan lainnya tidak berperan dalam menjaga moral, tetapi lembaga pendidikan lain berfungsi sebagai pelengkap dan pendorong bagi jalannya pendidikan keluarga. Seorang anak yang lahir belum tahu apa-apa merupakan modal dasar bagi keluarga untuk memilih bagaimana anak tersebut akan dididik. Anak dilahirkan dengan kemampuan pengembangan pengetahuan dan sikap yang telah ditentukan oleh Allah swt. dengan dilengkapi oleh alat indera, akal dan hati. Dalam penelitian ini akan mengkaji pemikiran seperti apa dan bagaimana proses nya sehingga dapat menjadi pedoman dalam berkarakter.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i2.3026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: