Penerapan Pembelajaran Luring pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Modul Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA SMA

Musri Aisyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika melalui  luring metod pada materi usaha dan energi dalam kondisi pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Pulau Punjung kelas X MIPA3 yang berjumlah 34 orang Tahun Pelajaran 2020/2021. sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Insrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa dan observasi,teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian penelitian ini diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara keseluruhan ketuntasan klasikal pada siklus ialah 47,06 % pada siklus I, 97,06 % pada siklus II, pada observasi angka keaktifan siswa pada siklus I sebanyak 48,7% pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas siswa menjadi 82,8%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang terlihat dari siklus I ke siklus II  dan membuahkan hasil yang maksimal, serta menjadi penilaian ujian di akhir  materi usaha dan energi pada mata pelajaran fisika.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan luring Method dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi  di SMA Negeri 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.


Keywords


Hasil Belajar Luring Method Covid-19

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono.(2008).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo

Arikunto,S.(2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar,S.(2010).Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Darmadi hamid.(2011).metode penelitian pendidikan. bandung alfabeta

Fatmawati.(2011).Meningkatkan hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kooperative Tipe Stad di Kelas IV SDN 6 Ketong. Skripsi Tidak Diterbitkan Universitas Tadulako Palu.

Hamalik,O.(2009).Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hidayati,Siti Nurlaila.(2011).Penggunaan Metode Kuis Tim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V semester 1 SD N 02 Tawangsari Tahun Pelajaran 2009/2010.Surakarta:FKIP UMS (tidak diterbitkan).

Iskandar, Dadang. & Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap:Ihya Media

Kunandar.(2013).Penilaian Autentik (Penilaian HAsil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. jakarta: Raja Grafindo Persada

Malyana,A.(2020).Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Vol 2(1), 67–76. p-ISSN: 2685-2519 e- ISSN: 2715-6028

Mulyasa,E.(2010).Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya. Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 lampiran IV. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa. (Online), (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/ permendikbud81A 2013Implementasi K13Lengkap.pdf), diakses tanggal 23 Maret 2017.

Rubiyanto,Rubino.(2009.MetodePenelitianPendidikan.Surakarta:UMS.

Samino & Saring Marsudi.(2011).Layanan Bimbingan Belajar.Surakarta:Fairuz Media.

Sanjaya.(2005).Contextual Teaching and Learning (CTL). Penerbit : Ghalia Indonesia

Santoso,Singgih.(2007).Statistik Deskriptif: Konsep dan Aplikasi dengan Microsoft Exel dan SPSS. Yogyakarta: ANDI

Sudjana.(2010).Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sudjana,Nana.(2009).Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono.(2017).Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D (Buku).Bandung: ALFABETA

Salinan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2020 No.719/P/, Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia

Suhendro,E.(2020).Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol 5(3), 133–140. ISSN: 2477-4715. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan 2020 No.4,Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19 24 Maret 2020 )

Surat Edaran Sekretaris Jenderal Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2020 No.15,Tentang Pedoman Peyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Yirus D/Sease (Covid-19).Sekretaris Jenderal.Jakarta

Trianto.(2010).Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno,Hamzah.B, & Nina Lamatenggo. 2012Teori Kinerja Dan Pengukurannya.Jakarta:PT. Bumi Aksara

Yulianti,D.&Wiyanto.2009. Perancangan Pembelajaran Inovatif Prodi Pendidikan Fisika. Semarang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Unnes.

Zainal Aqib.(2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i2.3825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Drs Musri Aisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: