Penerapan CTL Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Pada Standart Kompetensi Pengolahan dan Pengawetan Bahan Hasil Pertanian Di SMK Negeri 1 Tulungagung

Nanik - Winarsih

Abstract


Tujuan utama CTL (Contextual Teaching Learning) adalah membantu para siswa dengan cara yang tepat untuk mengaitkan makna pada pelajaran-pelajaran akademik mereka. CTL membuat siswa mampu menghubungkan isi dari subjek-subjek akademik dengan konteks kehidupan keseharian mereka untuk menemukan makna. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan pembelajaran CTL pada peserta didik kelas X program keahlian teknologi pengolahan hasil pertanian pada standart kompetensi dasar pengolahan dan pengawetan bahan hasil pertanian di SMK Negeri 1 Tulungagung. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif yang diperoleh dari hasil praktik. Hasil praktik diperoleh nilai ketuntasan siklus I 69.23% dan siklus II 92.31%. Hasil penerapan pembelajaran CTL mengalami peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan dengan pembelajaran CTL dapat meningkatan kemampuan peserta didik kelas X program keahlian teknologi pengolahan hasil pertanian pada standart kompetensi dasar pengolahan dan pengawetan bahan hasil pertanian di SMK Negeri 1 Tulungagung.


Keywords


CTL (Contextual Teaching Learnng), Peningkatan Belajar, Kemampuan Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Hadi, Sutrisno. (1982). Metodologi Research. Yogyakarta: YP.Fak.Psikologi UGM Press.

Ketut, I Surata., Gusti, I Agung Ayu., Dwi, Nova Marhaeni. (2019). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi. Jurnal Bioedusiana 4 (2) 2019. http://jurnal.unsil.ac.id/index .php/bioed/index.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rahmawati, Tutut. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran P-ISSN: 1858-4543 E-ISSN: 2615-6091 PPs Universitas Pendidikan Ganesha 2 (1) 2018.

Ruiyati, R., Samsurizal, M. S., & Alibasya, L. M. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode CTL (Contextual Teaching And Learning) di Kelas IV SD Inpres 3 Terpencil Baina’a. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(7).

Susiloningsih, Wahyu. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep IPS Dasar. Jurnal Pedagogia ISSN 2089 -3833 Volume. 5, No. 1, Februari 2016.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v3i2.3977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nanik - Winarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: