Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Biologi Kelas XI SMAN 1 Pancung Soal

Annisa Anike Putri, Zulyuri Zulyuri, Violita Violita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal UTS Ganjil Biologi Kelas XI SMAN 1 Pancung Soal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa Biologi kelas XI SMAN 1 Pancung Soal tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi 25 soal pilihan ganda, kunci jawaban, dan lembar jawaban hasil pekerjaan siswa. Hasil penelitian dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh menggunakan bantuan software Anates 4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek validitasnya yaitu terdapat 1 (4%) butir soal dengan kategori tinggi, 4 (16%) butir soal dengan kategori cukup, 14 (56%) butir soal dengan kategori sangat rendah, 3 (12%) butir soal  dengan kategori rendah serta juga ada 3 (12%) butir soal yang tidak terbaca tingkat kevalidannya. Aspek reliabilitasnya yaitu memiliki kriteria sangat rendah dengan harga r statistik sebesar -2,88. Aspek tingkat kesukarannya yaitu tidak diperoleh butir soal dengan kriteria mudah, hanya kriteria sedang dengan jumlah 9 (36%) butir soal dan kriteria sukar dengan jumlah 16 (64%) butir soal. Aspek daya pembedanya yaitu terdapat 5 (20%) dengan kriteria sangat baik (diterima), 6 (24%) butir soal dengan kriteria sedang (diterima dan revisi), 8 (31%) butir soal dengan kriteria jelek (direvisi), dan 5 (24%) butir soal dengan kriteria sangat jelek (harus dibuang/diganti). Kemudian aspek kualitas pengecoh (distractor) yaitu dari 25 butir soal hanya terdapat 3 (12%) butir soal yang semua distraktornya berfungsi dengan baik dan 22 (88%) butir soal yang distraktornya ada yang berfungsi dan ada yang tidak berfungsi sama sekali. Hasil analisis ini mengindikasikan bahwa secara keseluruhan soal tes tersebut harus direvisi kembali sehingga dapat digunakan lagi dalam tes hasil belajar yang akan datang.


Keywords


Validitas; Reabilitas; Tingkat Kesukaran; Daya Pembeda; Distractor

Full Text:

PDF

References


Agustiana, M., Mayrita, H., dan Muchti, A. (2019). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(01):26–35. 10.33557/jedukasi.v11i01.203.

Arif, M. (2015). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(1):1–9. 10.21107/edutic.v1i1.398

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto2, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Balau, M., Pesik, A., dan Damai, I., W. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri Satap Matabulu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(1):13–18. 10.53682/marisekola.v2i1.1112.

Daryanto. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, S. (2021). Kualitas Butir Soal Matematika pada Ujian Sekolah SDIT Al Fatih. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2): 213-222.

Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal Mudarrisuna, 10(2):58–74

Febriani, Melinda, I., dan Saksono, L. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Jerman Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Maospati Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Laterne, V(2):1–7.

Iskandar, A., dan Rizal, M. (2017). Analisis Kualitas Soal di Perguruan Tinggi Berbasis Aplikasi TAP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2): 12-23.

Jusrianto, Zahir, A., dan Megawati. (2018). Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengetahuan Komputer. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 1(1):1–9. 10.30605/jsgp.1.1.2018.7.

Kemendiknas. (2010). Materi Bimbingan Teknis KTSP Dan Soal Terstandar 2010: Panduan Analisis Butir Soal. http://smp3bonang.files.wordpress.com/2010/08/panduanpenulisan-butir-soal.pdf. Online. Diakses tanggal 30 November 2021.

Kurniawan, T. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar (Analysis of Odd Semester Final Test Items in Elementary School of Social Studies Subjects). Journal of Elementary Education, 4(1):1–6.

Magdalena, I . (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Bintang, 3(2):198–214.

Martunis M., Khaldun, I., dan Zulfadli. (2015). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas X MAN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014 / 2015 Menggunakan Program Proanaltes. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(4):70–78.

Monica, S., dan Sudarman, Y. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Seni Budaya Kelas VII Di SMPN 29 Sijunjung. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99

Nurfauziah, W., dan Windyariani, S. (2020). Analisis Butir Soal Keterampilan Proses Sains Pada Instrumen Uji Coba Materi Ekosistem. Journal Of Biology Education, 3(2):135. 10.21043/jobe.v3i2.7468.

Purwati. (2021). Analisis Karakteristik Butir Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTS Berdasarkan Pendekatan Teori Tes Klasik. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2):46–51.

Setyaningrum, P., M., P., Ramli, M., dan Rinanto, Y. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Instrumen Assessment Diagnostic Untuk Mendeteksi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Virus. Jurnal Bioedukatika, 6(2):91. 10.26555/bioedukatika.v6i2.10925.

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal Taraf Kesukaran,Butir Tes, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Valliditas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2):192–213.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukmela, Y., P., dan Nofrion. (2018). Analisis Butir Soal Paket A Ujian Akhir Semester Genap Geografi Tahun Pelajaran 2016/2017 SMA Negeri Se-Kota Pekanbaru. Jurnal Buana, 2(5):467–79.

Susdelina, Perdana, S., A., dan Febrian. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, VI(1):41–48.

Suzana, A. (2018). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir-Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Matematika Kelas X Di SMA Negeri 1 Purbalingga. MathGram Matematika, 2(2):1–8.

Thoha. (2001). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ulum, M. (2017). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Pada Mata Pelajaran Ekonomi KD 3.1 Pendapatan Nasional Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(3):1–5.

Wahyuni, S., dan Ibrahim, A., S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Warju, et al. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots Pada Kompetensi Sistem Rem Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1):95. 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914.

Widoyoko. (2014). Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zahiroh, U., dan Ritonga, P., S. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Kimia Pada Ujian Akhir Semester (UAS) Kelas XI MAN 2 Kepulauan Meranti. Jedchem (Journal Education and Chemistry), 3(1):11–20. 10.36378/jedchem.v3i1.780




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.4087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: