Analisis Kualitas Soal Ujian Tengah Semester Biologi Kelas XII SMA Negeri 6 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022

Sintia Putri, Zulyusri Zulyusri, Violita Violita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kualitas soal Ujian Tengah Semester Biologi Kelas XII SMA Negeri 6 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi berupa lembar soal Ujian Tengah Semester mata pelajaran Biologi dengan bentuk soal pilihan ganda berjumlah 25 butir, kunci jawaban soal ulangan harian dan respon siswa sebanyak 33 orang siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif untuk memperoleh informasi terkait validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan pengecoh. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 16 untuk melihat validitas dan reliabilitas dan Anates versi 4 untuk melihat tingkat kesukaran, daya pembeda, dan pengecoh. Hasil dalam peneltian menunjukkan bahwa, reliabilitas soal yaitu 0,188 termasuk ke dalam kriteria sangat rendah. Untuk tingkat kesukaran butir soal terdapat tingkat kesukaran “sangat mudah†berjumlah 17 soal, “mudah†berjumlah 3 soal, “sedang†berjumlah 2 soal, “sukar†berjumlah 1 soal, dan “sangat sukar†berjumlah 1 soal. Pada daya pembeda butir soal, terdapat 14 butir soal tergolong ke dalam kategori “jelekâ€, 7 butir soal tergolong “cukupâ€, dan 4 butir soal tergolong “baikâ€. Sedangkan hasil analisis kualitas pengecoh butir soal, yaitu memiliki tingkat pengecoh yang sangat baik. Selain itu, sangat sedikit pengecoh soal dengan kategori persentase (51-75 atau 126-150) dan 76-125. Oleh karena itu, dapat disimpulkan soal Ujian Tengah Semester Biologi ini belum cukup memenuhi kriteria alat evaluasi pembelajaran dan dapat digunakan untuk mengukur ketercapaian pembelajaran di SMA Negeri 6 Padang.

Keywords


Analisis Kualitas Soal; Anates; SPSS; Ujian Tengah Semester Biologi

Full Text:

PDF

References


Anita, A., Tyowati, S., & Zuldafrial, Z. (2018). Analisis kualitas butir soal fisika kelas x sekolah menengah atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 35–47. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.780

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.

Asrul, A. (2014). R., & Rosnita. In Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (Uas) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 Smp Negeri 36 Makassar. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(1 SE-Vol. 1 No. 1), 11–17. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249

Khaerudin, K. (2017). Administrasi, Analisis Butir dan Kaidah Penulisan Tes. Madaniyah, 7(1), 97–128.

Musdalifah, M., Syamsudduha, S., & Nursalam, N. (2020). Analisis Kualitas Soal Buatan Guru Biologi Dalam Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Biotek, 8(1 SE-Articles), 44–56. https://doi.org/10.24252/jb.v8i1.10471

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Septiana, N. (2016). Analisis butir soal ulangan akhir semester (UAS) biologi tahun pelajaran 2015/2016 kelas X dan XI pada MAN Sampit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.514

Subari, A, Lufri, Syamsurizal. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Biologi Kelas XI MAN 2 Kota Jambi. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi. 9 (1), 45-53. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/bioscientist/article/view/3612

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Cet. XIX. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taib, E. N. (2017). Analisis Kualitas Aspek Materi Butir Soal Buatan Dosen. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2), 116. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.245

Wahdianti, S., & Sumarsih, S. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Hitung Dagang. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(2). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/kpai/article/view/13953




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i1.4090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: