Efektivitas Pembacaan Novel bergenre Adventure dalam Menambah Vocabulary pada Kemampuan Reading Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

Ichwan Fahri, Zehbi Maulidi, Mohammad Alfan Hasan

Abstract


Mengingat betapa pentingnya fungsi pembelajaran bahasa, maka hendaknya pembelajaran bahasa dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Pembelajaran bahasa seharusnya diorientasikan untuk kepentingan pembentukan kemampuan berbahasa serta pembentukan kemampuan dalam keilmuan yang lain. Secara umum, tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris adalah agar dapat menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi, baik secara aktif maupun secara pasif.. Reading merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai dalam belajar Bahasa inggris karena Bahasa inggris merupakan salah satu Bahasa asing yang sangat penting untuk dipelajari. Novel merupakan media untuk mempertajam kemampuan reading dalam meningkatkan kosakata. Terdapat berbagai macam genre novel dan salah satunya adalah genre adventure. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah membaca novel bergenre adventure dapat meningkatkan kemampuan vocabulary bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2020.Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan Post Test dan Pre Test. Instrumen penelitian ini menggunakan dua jenis soal, soal pertama berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 buah dan soal kedua berbentuk essay sebanyak 10 buah. Soal dibuat dengan menggunakan media Google Form. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat perubahan yang signifikan dari hasil membaca novel bergenre adventure. Penelitian ini dilakukan secara online. Populasi dari penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sampel dari penelitian ini adalah Angkatan 2020 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kata Kunci : Reading, Vocabulary, Novel.

 


Keywords


Reading; Vocabulary; Novel

Full Text:

PDF

References


Kitao, S. K., & Kitao, K. (1996). Testing Speaking.

Parmawati, A., & Yugafiati, R. (2017). Using Authentic Material to Improve Student’s reading Interest (A Classroom Action Research in The Second Semester Students of Stkip Siliwangi Bandung). Eltin Journal: Journal of English Language Teaching in Indonesia, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.22460/eltin.v5i1.p1-8

Puspitasari, Evi. (2018). Peningkatan Productive Skills Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Fun-Learning. Seminar Nasional: Hasil Pengabdian kepada Masyarakat.392-398. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19982

Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i1.5128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: