Pembelajaran Fisika Berbasis CTL Melaui E-LKPD Live Worksheet untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Materi Pemanasan Global

Sarifah Mudaim, Yulianti Yulianti, Agus Danawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pemanasan global menggunakan model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui e-lkpd liveworksheet di salah satu SMA di Bandung, Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam 2 siklus. Pengumpulan data melalui angket minat belajar, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika berbasis CTL melalui e-lkpd liveworksheet dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Minat belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus  I persentase minat peserta didik dengan kategori sedang mencapai 70%, persentase minat peserta didik dengan kategori tinggi mencapai 30%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan persentase minat peserta didik kategori sedang mencapai 25%, kategori tinggi dengan persentase 75%. Sedangkan  untuk peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata 67 dengan persentase ketuntasan klasikal 38%, untuk siklus II mencapai nilai rata-rata 81 dengan nilai ketuntasan klasikal 88%.


Keywords


CTL, e-lkpd, liveworksheet, minat belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan handout fisika berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436

Aulia, T., Titin, & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Tfile:///Users/sarifahmudaim/Downloads/11630-Article Text-39710-45568-10-20210826.pdfeams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. 4(2), 229–241. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/318

Ayuningtias, Yasa, P., & Sujanem, R. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 10(1), 32–38. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v10i1.3992

Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices. Jurnal Phenomenon, 9(1), 99–112. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2905

Didik, L. A., Wahyudi, M., & Kafrawi, M. (2020). Identifikasi miskonsepsi dan tingkat pemahaman mahasiswa tadris fisika pada materi listrik dinamis menggunakan 3-tier diagnostic test. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 128–137. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9911

Farman, F., F, H., & M, R. (2021). Development of E-LKPD Using Live Worksheets for Online Mathematics Learning during Covid-19. JME (Journal of Mathematics Education), 6(1). https://doi.org/10.31327/jme.v6i1.1626

Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan model contextual teaching and learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451–460. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2974

Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., Igak, W., Bernarto, I., & Pramono, R. (2020). Implementation of contextual teaching and learning (CTL) to improve the concept and practice of love for faith-learning integration. International Journal of Control and Automation, 13(1), 365–383.

Korganci, N., Miron, C., Dafinei, A., & Antohe, S. (2015). The importance of inquiry-based learning on electric circuit models for conceptual understanding. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 2463–2468. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.530

Laelawati, M., & Makiyah, Y. S. (2023). Efektivitas Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Usaha dan Energi. Media and Technology in Education, 1(1), 9–16. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/mte/article/view/3317

M. Fayakun, & P.Joko. (2017). Measuring Critical Thinking in Physics: Development and Validation of a Critical Thinking Test in Electricity and Magnetism. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4), 663–682. https://doi.org/10.1007/s10763-016-9723-0

Mulyono, Y. (2018). Improving creativity of the future physics teachers through general biology learning based on CTL with experimental method. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.621

Nada, Q., Zaini, M., & Ajizah, A. (2022). Implementasi e-LKPD liveworksheets archaebacteria dan eubacteria: Pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA: Implementation of e-LKPD live worksheets of archaebacteria and eubacteria: Its effec. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 88–96. https://doi.org/https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.21

Nurhidayah, N., Yani, A., & Nurlina, N. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 162–174. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/307

Nuzula, S. F., & Putranto, A. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET TERHADAP RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 78–87. https://doi.org/https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.31

Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Septonanto, D., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA E-LKPD LIVEWORKSHEET SOAL HOTS UNTUK MENGUATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 124–138. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2315

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285

Susilawati, E., Taufiq, A. U., & Hasanah, U. (2023). Development of liveworksheet-based interactive LKPD on the biodiversity material of class X. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(1), 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/bino.v5i1.14719

Syahruddin, Fachruddin, & Mardianto. (2017). Pengaruh Strategi Everyone Is a Teacher Here (ETH), Contextual Teaching And LearningE (CTL), Dan Crossword Puzzle (CWP) Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ppada Mata Pelajaran bahasa Arab di MTs Darus Falah Aek Songsongan. Ittihad, 1, 131–154.

http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/20

Syaifuddin, T., & Nurlaela, L. (2021). Contextual teaching and learning (CTL) model to students improve learning outcome at senior high school of model terpadu Bojonegoro. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(5), 528–535. https://doi.org/https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i5.143

Wahyuningsih, E. T., Purwanto, A., & Medriati, R. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Project Based Learning Di Kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 77–84. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.77-84




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i2.8801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sarifah Mudaim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

View Metaedukasi Stats


Jurnal ini terindeks oleh: