Pembelajaran Fisika Berbasis CTL Melaui E-LKPD Live Worksheet untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Materi Pemanasan Global
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pemanasan global menggunakan model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui e-lkpd liveworksheet di salah satu SMA di Bandung, Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam 2 siklus. Pengumpulan data melalui angket minat belajar, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika berbasis CTL melalui e-lkpd liveworksheet dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Minat belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I persentase minat peserta didik dengan kategori sedang mencapai 70%, persentase minat peserta didik dengan kategori tinggi mencapai 30%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan persentase minat peserta didik kategori sedang mencapai 25%, kategori tinggi dengan persentase 75%. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata 67 dengan persentase ketuntasan klasikal 38%, untuk siklus II mencapai nilai rata-rata 81 dengan nilai ketuntasan klasikal 88%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan handout fisika berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29–38. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436
Aulia, T., Titin, & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas 4(2), 229–241. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/318
Ayuningtias, Yasa, P., & Sujanem, R. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 10(1), 32–38.
https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v10i1.3992
Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices. Jurnal Phenomenon, 9(1), 99–112. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2905
Didik, L. A., Wahyudi, M., & Kafrawi, M. (2020). Identifikasi miskonsepsi dan tingkat pemahaman mahasiswa tadris fisika pada materi listrik dinamis menggunakan 3-tier diagnostic test. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 128–137. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9911
Farman, F., F, H., & M, R. (2021). Development of E-LKPD Using Live Worksheets for Online Mathematics Learning during Covid-19. JME (Journal of Mathematics Education), 6(1). https://doi.org/10.31327/jme.v6i1.1626
Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas pembelajaran fisika menggunakan model kontekstual (ctl) dengan metodepredict, observe, explain terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49-58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003
Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan model contextual teaching and learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451–460. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2974
Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., Igak, W., Bernarto, I., & Pramono, R. (2020). Implementation of contextual teaching and learning (CTL) to improve the concept and practice of love for faith-learning integration. International Journal of Control and Automation, 13(1), 365–383.
Korganci, N., Miron, C., Dafinei, A., & Antohe, S. (2015). The importance of inquiry-based learning on electric circuit models for conceptual understanding. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 2463–2468. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.530
Laelawati, M., & Makiyah, Y. S. (2023). Efektivitas Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Usaha dan Energi. Media and Technology in Education, 1(1), 9–16. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/mte/article/view/3317
Mulyono, Y. (2018). Improving creativity of the future physics teachers through general biology learning based on CTL with experimental method. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.621
Musyafa, I. F., Budiman, M. S., Marlihayati, R. K., Nuraeni, R., & Septiani, M. (2022). Memaksimalkan Potensi IPad dalam Pembelajaran Digital di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 83-92. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.7442
Nada, Q., Zaini, M., & Ajizah, A. (2022). Implementasi e-LKPD liveworksheets archaebacteria dan eubacteria: Pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA: Implementation of e-LKPD live worksheets of archaebacteria and eubacteria: Its effec. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 88–96. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.21
Nurhidayah, N., Yani, A., & Nurlina, N. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 162–174. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/307
Nuzula, S. F., & Putranto, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Lkpd Berbasis Liveworksheet Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 78–87. https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.31
Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Septonanto, D., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2024). Pengembangan Media E-Lkpd Liveworksheet Soal Hots Untuk Menguatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 124–138. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2315
Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285
Susilawati, E., Taufiq, A. U., & Hasanah, U. (2023). Development of liveworksheet-based interactive LKPD on the biodiversity material of class X. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(1), 17–27. https://doi.org/10.20527/bino.v5i1.14719
Syahruddin, Fachruddin, & Mardianto. (2017). Pengaruh Strategi Everyone Is a Teacher Here (ETH), Contextual Teaching And LearningE (CTL), Dan Crossword Puzzle (CWP) Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ppada Mata Pelajaran bahasa Arab di MTs Darus Falah Aek Songsongan. Ittihad, 1, 131–154.
http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/20
Syaifuddin, T., & Nurlaela, L. (2021). Contextual teaching and learning (CTL) model to students improve learning outcome at senior high school of model terpadu Bojonegoro. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(5), 528–535. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i5.143
Wahyuningsih, E. T., Purwanto, A., & Medriati, R. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Project Based Learning Di Kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.77-84
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i2.8801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: