Penerapan Karakter Gotong Royong di SDN Gili Barat dalam Implementasi nilai sila ke 4 Pancasila
Abstract
Saat ini banyak anak-anak di SD yang karakter gotong royong dan tanggung jawabnya itu masih rendah hal tersebut dikarenakan oleh kemajuan teknologi salah satunya gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi sila ke-4 pancasila yaitu gotong royong pada diri siswa melalui metode pembiasaan di SDN Gili Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Artikel ini mengeksplorasi secara mendalam penerapan karakter gotong royong di Sekolah Dasar Negeri Gili Barat sebagai strategi integral dalam mengimplementasikan nilai sila ke-4 Pancasila, yaitu gotong royong. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana pendekatan gotong royong dapat diintegrasikan secara efektif ke dalam lingkungan pendidikan, khususnya di SDN Gili Barat, dengan melibatkan peran aktif siswa, guru, dan masyarakat sekitar. Temuan menunjukkan bahwa penerapan karakter gotong royong di SDN Gili Barat bukan hanya sebatas slogan, melainkan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari di sekolah tersebut. Guru berperan sebagai fasilitator yang mendorong kolaborasi antar-siswa dan membangun kesadaran akan pentingnya gotong royong dalam mencapai tujuan bersama.Penerapan nilai sila ke-4 Pancasila dalam konteks gotong royong di SDN Gili Barat menciptakan karakter yang mana siswa merasakan kebersamaan dan saling membantu. Kegiatan gotong royong tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah, tetapi juga melibatkan keterlibatan aktif dengan komunitas sekitar. Hal ini memberikan dampak positif tidak hanya pada perkembangan karakter siswa tetapi juga pada hubungan sekolah dengan masyarakat.Artikel ini memberikan wawasan tentang relevansi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter di Indonesia, khususnya melalui pendekatan gotong royong. Implikasi praktis dari temuan ini dapat menjadi panduan bagi lembaga pendidikan lainnya untuk memperkuat nilai-nilai luhur dalam pembentukan karakter siswa. Dengan demikian, artikel ini tidak hanya mengeksplorasi realitas kontemporer pendidikan di SDN Gili Barat, tetapi juga memberikan kontribusi pada wacana lebih luas mengenai peran sekolah dalam membentuk generasi yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183-196. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185
Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan,13(2), 209–216. DOI : http://dx.doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745
Aviani, R. R. (2020). Pengaruh Modernisasi Terhadap Semangat Nasionalisme Dan Gotong Royong Pada Generasi Muda. Artikel , 4-8. DOI : http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/3wugy
Dewantara, J. A., Hermawan, Y., & Yunus, D.,. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With Character Humanist and Law- Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70–81. DOI : http://dx.doi.org/10.21831/jc.v18i1.38432
Djamari. (2016). Penanaman Sikap Gotong Royong Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sdn 3 Kronggen Brobogan. Publikasi Ilmiah sekolah pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2. https://eprints.ums.ac.id/44118/
Eliharni. (2016). The Challenge of Religious Education in Indonesia Multiculturalism. Journal of Education and Human Development, 5(4): 1-24. DOI : https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3998
Khotimah, N. D. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ke pendidikan, 30. DOI : https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928
Lexy, M. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 46-48
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. jurnal pendidikan, 9 (2),18- 21. DOI : http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190
Nurgiansah, T. H. (2021b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41. DOI : https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424
Octaviani.,& Anugrah. W. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhineka Tunggal ika.5(2): 123-128. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/download/7904/pdf
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.410
Sianturi. Y.,& Dewi.D.A.(2021). Penerapan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari dan sebagai pendidikan karakter. Jurnal Kewarganegaraan. 5(1): 222 - 231. DOI : https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v5i2.9377
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: