Peran Guru dalam Menerapkan Hidden Curriculum pada Peserta Didik Madrasah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah

Naya Nurlaila Khoirunnisa, Hindun Hindun

Abstract


Kurikulum tersembunyi merupakan kurikulum yang tidak tertulis atau sebagian pengajar yang menerapkan kurikulum tersembunyi akan membentuk karakter peserta didik agar mempunyai sikap yang lebih baik dari sebelumnya, dan lebih banyak termotivasi untuk belajar. Penelitian ini menggunakan metode peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara kepada salah seorang guru yang mengajar kelas 1 di Madrasah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hasil penelitiannya bahwa guru tersebut menerapkn kurikulum tersembunyi atau hidden curriculum yaitu di anataranya menerapkan zikir dan do’a setelah sholat, do’a-do’a harian, pesan tausiyah, membaca al-qur’an dengan teknik bacaan tilawati. Dengan menerapkan kurikulum tersembunyi atau hidden curriculum tersebut dapat bermanfaat bagi peserta didik.

Keywords


Kurikulum; Kurikulum Tersembunyi; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Akib, H. (2016). Implementasi Kebijakan. Jurnal Administrasi Publik, 1, 34–41. https://doi.org/10.26858/jiap.v1i1.289

Bahri, S. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11, 16–17. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61%0A

Banihashem, S. K., Farrokhnia, M., Badali, M., & Noroozi, O. (2021). The impacts of constructivist learning design and learning analytics on students’ engagement and self-regulation. Innovations in Education and Teaching International. https://doi.org/10.1080/14703297.2021.1890634

Dede Rosyada. (2003). Paradigma Pendidikan Demokrasi. Kencana.

Elisa. (2017). Pengertian, Peranan, Fungsi Kurikulum. Jurnal Ilmiah Fakultas KIP Universitas Quality, 1(1). 1-12. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i02.81

Fauzan, & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21. Kencana.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatfi, Tindakan Kelas & Studi kasus. CV Jejak.

Hardoyo, H. (2008). Kurikulum Tersembunyi Pondok Modern Darussalam Gontor. At-Ta’dib, 4(2), 191–208. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i2.590

Haryati, S., Sudarsono, A., & Suryana, E. (2015). Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu). Jurnal Media Infotama, 11, 130–138. https://doi.org/10.37676/jmi.v11i2.260

Muhammedi. (2016). Perubahan kurikulum di Indonesia: Studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan Islam yang ideal. Raudhah, 4(1), 49–70. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61

Rosidah, A. (2023). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Lovrinz Publishing.

Setiawan, R. (2017). Pembangunan Nilai Demokrasi dan Nasionalisme sebagai Kurikulum Tersembunyi di SMAN CMBBS. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 3(1), 10. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v3i1.3010

Warsah, I. (2020). Learning problems of Islamic education at SMA LB of Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Islam, 9, 164–174. https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6540

Warsah, I., & et al.,. (2020). Strategi Implementatif KKNI Pendidikan Islam di IAIN Curup dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyatuna, 11, 77–90. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3442




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.9652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: