PROGRAM ECOVILLAGE SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN ECOLITERACY SISWA

Elgar Balasa Singkawijaya, Ely Satiyasih Rosali, Ruli As’ari, Wulansari Wulansari

Abstract


Ecovillage adalah program pemerintah sebagai upaya mengembangkan desa berbudaya lingkungan. Program ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang ramah lingkungan yang berkelanjutan, cerdas secara ekologis, gotong royong, dan masyarakat yang mandiri. Ecovillage berkontribusi pada masyarakat dalam memahami, menganalisis, dan menemukan solusi kreatif untuk pemecahan masalah diri. Objek studi ini dilakukan pada masyarakat di sekitar Sungai Citanduy, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, yang merupakan anggota dari program ecovillage. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan bola salju dengan mengambil pertimbangan dari ketua informan kunci ecovillage. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan melakukan analisis triangulasi data hasil lapangan. Program ecovillage memiliki dampak positif pada masyarakat; meningkatnya kesadaran akan pelestarian lingkungan, pengembangan kecerdasan ekologis, pola pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan, peningkatan kreativitas masyarakat, dan disiplin dalam mengelola lingkungan yang berkelanjutan. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar khususnya lingkungan Daerah Aliran Sungai Citanduy dapat dikembangkan untuk meningkatkan ecoliteracy siswa. Beberapa hal yang dapat dikembangkan yaitu aspek pengetahuan (head/cognitive), aspek kesadaran (hear/emotional), aspek keaktifan (hands/active), dan aspek semangat (connectional)

Keywords


Ecovillage, Sumber Belajar, Ecoliteracy, Siswa

Full Text:

PDF

References


Afandi, Rifki. 2013. Jurnal: Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Pembelajaran IPS. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Landriany, Ellen. 2014. Implementasi Kebijakan Adiwiyata dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhaimin, 2015. Membangun Kecerdasan Ekologis. Bandung: CV ALFABETA

Supriatna, Nana, 2016. Ecopedagogy. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v1i1.978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal METAEDUKASI




©2019 Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Jurnal ini terindeks oleh: