Korelasi Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Jombang di Masa Pandemi Covid-19
Abstrak
Covid-19 memberikan berbagai dampak terutama yang terjadi di Indonesia. Salah satu dampaknya adalah di bidang pendidikan, mahasiswa diharuskan melakukan pembelajaran secara daring untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan menggunakan berbagai aplikasi seperti zoom, google meet, google classroom, whatsapp group, dan berbagai aplikasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial terhadap stres akademik pada mahasiswa pendidikan jasmani di masa Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Jombang yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu subjek tryout dengan jumlah 30 mahasiswa dan subjek penelitian yang berjumlah 231 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala persepsi dukungan sosial dan skala stres akademik. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi dengan menggunakan pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,842 dan signifikan pada 0,000 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dengan stres akademik, yang berarti jika dukungan sosial yang dirasakan mahasiswa tinggi, maka stres akademik yang dirasakan mahasiswa tersebut rendah. Sebaliknya, jika dukungan sosial yang dirasakan mahasiswa rendah, maka stres akademik yang dirasakan mahasiswa tersebut tinggi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anadita, D. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Siswa yang Mengikuti Pembelajaran Daring. Borobudur Psychology Review, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.31603/bpsr.4867
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(2005), 143–148.
Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The Perception of Academic Stress Scale. Health Psychology Open, 2(2). https://doi.org/10.1177/2055102915596714 Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Ernawati, L., & Rusmawati, D. (2015). Dukungan Sosial Orang Tua Dan Stres Akademik pada Siswa SMK yang Menggunakan Kurikulum 2013. 4(4), 26–31.
Fauziyyah, R., & Awinda, R. C. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19 Impact of Distance Learning on Student Stress and Anxiety Levels during The COVID-19 Pandemic mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud. Bikfokes, 1, 113–123.
Jannah, M. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Unesa University Press.
Khan, A., Hamdan, A. R., Ahmad, R., Mustaffa, M. S., & Mahalle, S. (2016). Problem-Solving Coping and Social Support as Mediators of Academic Stress and Suicidal Ideation Among Malaysian and Indian Adolescents. Community Mental Health Journal, 52(2), 245–250. https://doi.org/10.1007/s10597-015-9937-6
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212.https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Kencana Prenada Media Group.
Nyoman, N., Pradnyanita, I., & Marheni, A. (2018). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana, 000, 164–173.
Putri, R. M., Oktaviani, A. D., Setya, A., Utami, F., Addiina, A., & Nisa, H. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta The Relationship of Distance Learning and Somatoform Disorders with Stress Levels of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Students. Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(1), 38–45.
Reeve, K. L., Shumaker, C. J., Yearwood, E. L., Crowell, N. A., & Riley, J. B. (2013). Perceived stress and social support in undergraduate nursing students’ educational experiences. Nurse Education Today, 33(4), 419–424. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2012.11.009
Safiany, A., & Maryatmi, A. S. (2018). Hubungan Self Efficay dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Siswa- siswi Kelas. IKRAITH-Humanira, 2(3), 87–95.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat COVID-19. 1.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfabeta.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Wilks, S. E. (2008). Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. Advances in Social Work, 9(2), 106–125. https://doi.org/10.18060/51
Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107
Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived Social Support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2
Weiten, W. & Lyod, M.A. (2006). Psychology Applied Modern Life: Adjusment In The 21st Century. (8th Ed.). California: Thomson Higher Education.
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10247
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY