Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dengan Model Hybrid Learning Di SMAN 6 Garut

Romi Fikriawan Agusty, Azhar Ramadhana Sonjaya, Asep Angga Permadi

Abstrak


Penelitian ini didasarkan dari latar belakang permasalahan proses kegiatan pembelajaran pasca pandemi covid-19, yang dimana kegiatan pembelajaran dilaksankan secara terbatas dengan menggunakan model pembelajaran hybrid learning, dimana pembelajaran dengan model hybrid learning ini memiliki kekurangan serta kelebihan yang dapat berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran, salah satunya pada proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN 6 Garut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan model hybrid learning di SMAN 6 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah populasi keseluruhan 1.287 siswa. Sedangkan sampelnya dipilih menggunakan teknik sampling purposive berdasarkan kriteria siswa-siswi SMAN 6 Garut yang pernah mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan model hybrid learning di sekolah tersebut, yang kemudian di pangkas kembali menggunakan rumus slovin dengan hasil jumlah sampel yang diperlukan yaitu sebanyak 273 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari kuesioner berbentuk google form yang di sebarkan, dengan jumlah item sebanyak 43 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif dengan rumus persentase yang diolah melalui bantuan aplikasi Microsoft Office Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan model hybrid learning di SMAN 6 Garut termasuk kedalam kriteria efektivitas pembelajaran yang efektif. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis statistik dengan rumus persentase yang diolah menggunakan bantuan Microsoft Office Excel yaitu nilai rata-rata persentasenya sebesar 70%.

Kata Kunci


Efektivitas Pembelajaran, Hybrid Learning, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Referensi Utama (Jurnal):

Arum, Rifda. 2021. “Desain Penelitian: Pengertian, Fungsi, Klasifikasi, Dan Bentuknya.” Gramedia Blog.

Azwar, Saifuddin. 2017. Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Dini Alwiyah, Nani Imaniyati. 2018. “Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Manajerial 3, Nomor 4:95–103.

Fadillah. 2021. “Kegiatan Belajar-Mengajar Yang Efektif Dengan Melibatkan Siswa Secara Aktif.” KEMENDIKBUD AYO GURU BERBAGI.

Fauzan, and Fatkhul Arifin. 2017. “Hybrid Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran.” Seminar Nasional Profesionalisme Guru Di Era Digital (November 2017):248–52.

Gea, Antonius Atosokhi. 2014. “Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif Dan Efisien.” Humaniora 5, Nomor 2:777–85.

Issaura Sherly Pamela, Faizal Chan. 2019. “Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas.” Jurnal Pendidikan Dasar 3, Nomor 2:23–30.

Kaharuddin, Andi &. Nining Hajeniati. 2020. Pembelajaran Inovatif & Variatif. Gowa: Pusaka Almaida.

Lestari, Indah. 2015. “Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Formatif 3:115–25.

Lisniawati, Nia. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Harapan Dan Insentif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” E-Jurnal Literasi 1, Nomor 1:36–42.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Mukroni, Siti. 2017. “Pengaruh Kualitas Pembelajaran Guru Ekonomi Terhadap Kepuasan Siswa DI SMA Negeri 2 Sentajo Raya.” Pekbis Jurnal 9, Nomor 2:140–50.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3(2):333–52. doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

Presiden Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Presiden Republik Indonesia. 2020. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020. Jakarta.

Pujiastuti, Heni dan Novia Afika Rahma. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon.” Journal of Holistic Mathematics Education 5:1–12.

Riduwan, dan Sunarto. 2017. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Samsinar. 2019. “Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 13, No 2:195–205.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. 2021. “Apa Dan Bagaimana Cara Physical Distancing.” COVID-19 Hotline 119.

Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Sutisna, Anan. 2016. “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 18(3):156–68. doi: 10.21009/jtp1803.2.

World Health Organization. 2022. “Pertanyaan Dan Jawaban Terkait Coronavirus.” World Health Organization.

Buku:

Ali Maksum. (2012). metode penelitian dalam olahraga. Universiti press.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i2.10521

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions