PENINGKATAN HASIL BELAJAR ROLL DEPAN MELALUI PEER TEACHING PADA PESERTA DIDIK TUNAWICARA KELAS 5 SD

Erick Burhaein, Achmad Muustaqim

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan senam lantai, khususnya roll depan, pada siswa kelas 5 MI Roudlotush Sholihin Jemur Kebumen, termasuk siswa tunawicara, melalui penerapan strategi peer teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini menggunakan 5 dimensi diantaranya : perasaan senang, pemahaman gerak, kepercayaan diri, mempraktikkan gerak, dan motivasi belajar dengan menggunakan rumus gregory yang melibatkan ahli validitas penjas adaptif dan ahli pendidikan anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan motorik siswa secara signifikan. Pada siklus I, persentase ketercapaian kompetensi sebesar 74%, meningkat menjadi 90% pada siklus II, melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Strategi peer teaching terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang inklusif, meningkatkan pemahaman siswa, serta menumbuhkan rasa percaya diri dalam pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan strategi peer teaching untuk mendukung pembelajaran inklusif dalam pendidikan jasmani.

Kata Kunci


Peer Teaching, Senam Lantai, Roll Depan, Siswa Tunawicara, Pembelajaran Inklusif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(Ciremay & Kartiko, 2020)(Sipahutar, & Pakpahan, 2023). (2024). TRUST PENTAKOSTA Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. 1(1).

Ciremay, R. R., & Kartiko, D. C. (2020). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada anak berkebutuhan khusus (ABK). Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10544

Gregory, R. J. (2015). Psychological testing: History, principles, and applications Boston, MA: Pearson. In Global Edition.

Guthrie, J. T., Wigfield, A., & VonSecker, C. (2000). Effects of integrated instruction on motivation and strategy use in reading. Journal of Educational Psychology, 92(2), 331–341. https://doi.org/10.1037/0022-0663.92.2.331

Hazli, M., & Lubis, M. A. (2018). Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Pelajar Dalam Aktiviti Kemahiran Membaca Teks Arab. Global Journal Al Thaqafah, 8(2), 97–107. https://doi.org/10.7187/gjat122018-9

Kemmis & McTaggart (2005). (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Kurniawati, A., Prasetiyo, A. F., Pratama, A. K., & Supardi, A. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada di Sekolah Dasar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 186–198. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1145

Oktaviani, F., & Harwisi, N. E. (2024). Tantangan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi SDN Gebang 1. Journal of Special Education Lectura, 2(1), 24–30. https://journal.unilak.ac.id/index.php/JSELectura/about

Park, G., Collins, B. C., & Lo, Y. (2021). Teaching a Physical Activity to Students with Mild to Moderate Intellectual Disability Using a Peer-Delivered Simultaneous Prompting Procedure: A Single-Case Experimental Design Study. Journal of Behavioral Education, 30(3), 378–396. https://doi.org/10.1007/s10864-020-09373-7

Pipit Muliyah. (2020). Menurut teori self-efficacy oleh Bandura (1986), kepercayaan diri yang kuat berhubungan erat dengan performa yang lebih baik dalam tugas-tugas fisik. Journal GEEJ, 7(2), 10–33.

Purwanto, D. D., & Suharjana, S. (2017). Pengembangan model pembelajaran pengenalan teknik dasar tenis meja untuk siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 133. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.6419

Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di Sma. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 475–496. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6778

Susanto, S. I., & Wijaya, F. J. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus Setelah Latihan Gymnastics. Jurnal Prestasi Olahraga, 107–113. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/39593




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i1.14326

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions