Analisis Strategi Latihan Atlet Tuna Rungu Pada Cabor Futsal Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Erick Burhaein, Maryanti Maryanti

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi latihan yang diterapkan pada atlet tuna rungu di cabang olahraga futsal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara kepada pelatih futsal tuna rungu untuk menggali informasi terkait dimensi fisik, kognitif, sosial, dan emosional dalam program latihan mereka Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan fisik bagiatlet tuna rungu dilakukan menjelang kompetisi dan tidak rutin sepanjang tahun, dengan fokuspada peningkatan kekuatan fisik. Latihan taktik lebih banyak menggunakan metode visual untuk mengakomodasi keterbatasan pendengaran pemain, dan pengambilan keputusan cepat dilatih melalui drill berulang. Masalah komunikasi menjadi tantangan utama, yang diatasi dengan bantuan relawan penerjemah bahasa isyarat. Interaksi sosial antara tim futsal tuna rungu dan tim reguler juga memberikan dampak positif dalam perkembangan keterampilan dan rasa percaya diri. Selain itu, latihan fisik yang dilakukan juga turut mempersiapkan atlet secara psikologis untuk menghadapi tantangan dalam pertandingan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar program latihandiperbaiki dengan menambah frekuensi latihan fisik, meningkatkan penggunaanteknologi untuk penyampaian taktik, serta pelatihan bahasa isyarat bagi pelatih untuk memaksimalkan komunikasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasanuntuk meningkatkan kualitas pelatihan dan prestasi atlet tuna rungu dalam futsal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Coratella, G., Beato, M., Milanese, C., Longo, S., Limonta, E., Rampichini, S., Ce, E., Bisconti, A. V., Schena, F., & Esposito, F. (2018). Specific adaptations in performance and muscle architecture after weighted jumpsquat vs. body mass squat jump training in recreational soccer players. Journal of Strength and Conditioning Research, 32(4), 921–929. https://doi.org/10.1519/JSC.0000000000002463.

Dragijsky, M., Maly, T., Zahalka, F., Kunzmann, E., & Hank, M. (2017). Seasonal Variation of Agility, Speed and Endurance Performance in Young Elite Soccer Players. Sports 2017, Vol. 5, Page 12, 5(1), 12.

https://doi.org/10.3390/SPORTS5010012.

Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di sdn ngaringan 05 kec. Gandusari kab. Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781–790.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Hasanah, S. A. N., Agustina, D., Ningsih, O., & Nopriyanti, I. (2024a). Teori Tentang Persepsi dan Teori Atribusi Kelley. CiDEA Journal, 3(1), 44–54.

Kharisma, C., & Faruk, M. (2022). Analisis Kondisi Fisik Tim Futsal Maestro Putri Tulungagung. Jurnal Prestasi Olahraga, 5(5), 96–102.

Komarudin, K., & Risqi, F. (2020). Tingkat kepercayaan diri, kohesivitas, dan kecerdasan emosi siswa Kelas Khusus Olahraga cabang olahraga sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 1–8.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif.

Metode Penelitian Sosial, 33

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Mylsidayu, A. (2022). Psikologi olahraga. Bumi Aksara.

Nugraha, U. (2019). Evaluasi Program Manajemen Klub Sepakbola Kota Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 8(2), 37–48.

Pramono, S. E., & Priambodo, A. (2024). ASPEK PSIKOLOGI MOTIVASI DALAM

PENCAPAIAN PRESTASI OLAHRAGA. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 4(1), 38–47.

Purna, S., Kardiyanto, M., Or, S., & Angga, M. (2020). Kerangka pembinaan olahraga disabilitas. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=gbQHEAAAQBAJ&oi=fnd&pg= PA1&dq=+Kerangka+pembinaan+olahraga+disabilitas.+&ots=9t1w2_FU5k&sig

=G2U02kkb2Mo86lU0uhNqpl2mMkA

Rahmah, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran Retnawati, H. (2017). Teknik pengambilan sampel. Disampaikan Pada Workshop Update

Penelitian Kuantitatif, Teknik Sampling, Analisis Data, Dan Isu Plagiarisme, 1–7. Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach.

Deepublish

Saharullah, S. P., MP, D., Wahyudin, S. P., Nawir, D., AIFO, M. K., & Nukhrawi, D. R.

H. (2019). Pembinaan Olahraga Usia Dini (Edisi Revisi). UPT Pepustakaan. Santi, D. G., Soegiyanto, W. , Prodi, N., Olahraga, P., & Semarang, N. (2016).

PEMBINAAN OLAHRAGA UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI NATIONAL PARALYMPIC COMMITTEE SALATIGA. Journal of Physical

Education and Sports, 5(1), 17–23. https://doi.org/10.15294/JPES.V5I1.13274.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari, Ed.; 3rd ed.).

ALFABETA, CV.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i1.14373

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions