PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI MATA PELAJARAN PJOK: PERSPEKTIF GURU PJOK

Iman Rubiana, Melya Herliana, Ari Priana, Budi Indrawan

Abstrak


Tujuan penelitian ini mengevaluasi pemenuhan kebutuhan dan hak peserta didik penyandang disabilitas dalam pendidikan jasmani inklusi oleh guru pjok dan mengidentifikasi hambatan pelaksanaan pendidikan jasmani inklusi bagi anak penyandang disabilitas. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi. untuk mendalami dan menggambarkan pelaksanaan Pendidikan jasmani inklusi di satuan Pendidikan yang ada di Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian didapatkan Pertama, penyesuaian aktivitas fisik dan modifikasi aturan permainan adalah strategi utama yang diterapkan oleh guru untuk mengakomodasi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Kedua, fasilitas dan infrastruktur yang inklusif merupakan aspek yang sangat penting namun sering kali masih belum memadai. Guru PJOK menghadapi tantangan dalam menyediakan lingkungan fisik yang mendukung, di mana alat dan fasilitas olahraga sering kali tidak dirancang khusus untuk siswa berkebutuhan khusus. Ketiga, pelatihan dan pengembangan profesional untuk guru PJOK menjadi isu krusial dalam mendukung pelaksanaan pendidikan inklusi. Guru-guru merasa bahwa pelatihan yang ada saat ini belum cukup mendalam, terutama dalam hal penerapan strategi pengajaran adaptif dan penggunaan alat bantu. Keempat, kolaborasi antar pihak sangat penting untuk keberhasilan pendidikan inklusi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 36, 1991.

Alghamdi, A. K. H., & Aldossari, A. (2021). Healthy lifestyle, physical education, and sports for Saudi women. Physical Education and Sport Pedagogy, 1–16. https://doi.org/10.1080/17408989.2022.2123465

Bickmore, K. (1993). Learning Inclusion/Inclusion in Learning: Citizenship Education for a Pluralistic Society. Theory & Research in Social Education, 21(4), 341–384. https://doi.org/10.1080/00933104.1993.10505709

Bloch, C., Fuglsang, S., Glavind, J. G., & Bendtsen, A.-K. (2023). Quality work in higher education: a multi-stakeholder study. Quality in Higher Education, 29(3), 340–357. https://doi.org/10.1080/13538322.2022.2123267

Chandler, T., Cronin, M., & Vamplew, W. (2002). Sport and Physical Education: The Key Concepts. Abingdon, UK. Taylor & Francis. https://doi. org/10.4324/9780203467145.

Clark Moustakas. (1994). Phenomenological Research methods.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design.

Cubbins, L. A., & Buchanan, T. (2009). Racial/Ethnic Disparities in Health: The Role of Lifestyle, Education, Income, and Wealth. Sociological Focus, 42(2), 172–191. https://doi.org/10.1080/00380237.2009.10571349

Fernández Espinosa, V., & López González, J. (2022). Virtues and values education in schools: a study in an international sample. Journal of Beliefs & Values, 1–17. https://doi.org/10.1080/13617672.2022.2158018

Florian, L., & Black-Hawkins, K. (2011). Exploring inclusive pedagogy. British Educational Research Journal, 37(5), 813–828.

Fraenkel, Jack R., Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. In McGraw-Hill Higher Education (Issue 0).

Gallahue, D. L., & Donnelly, F. C. (2007). Developmental physical education for all children. Human Kinetics.

Goodwin, D. L., & Watkinson, E. J. (2000). Inclusive physical education from the perspective of students with physical disabilities. Adapted Physical Activity Quarterly, 17(2), 144–160.

Haegele, J. A., & Sutherland, S. (2015). Perspectives of students with disabilities toward physical education: A qualitative inquiry review. Quest, 67(3), 255–273.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i1.14482

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions