Physical Fitness Related Health: Internalisasi Physical Literacy Melalui Pembelajaran PJOK Berbasis Project Based Learning

Raihan Wahyudi, Ma'ruful Kahri, Mashud Mashud

Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk; mengetahui apakah ada pengaruh internalisasi physical literacy melalui pembelajaran PJOK melalui project based learning terhadap physical fitness related health peserta didik. Metode yang diambil yaitu experiment dengan teknik Pretest-Posstest control Group Design, dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 113 dan diambil sampel sebanyak 93 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Hasil uji Mann Whitneyy diperoleh bahwa nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0.05 atau Sig. (2-tailed) (0,000)  < 0.05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan kebugaran jasmani terkait kesehatan antara kelas eksperimen (internalisasi literasi fisik berbasis PjBL) dengan kelas kontrol (komando). Disimpulkan bahwa internalisasi literasi fisik pada pembelajaran PJOK berbasis PjBL secara signifikan memberikan pengaruh positif terhadap kebugaran jasmani terkait kesehatanpeserta didik kelas XI

Kata Kunci


Physical fitness related health, Physical Literacy, Project Based Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science and Health, 3(5), 218–234. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Belanger, K., Barnes, J. D., Longmuir, P. E., Anderson, K. D., Bruner, B., Copeland, J. L., … Tremblay, M. S. (2018). The relationship between physical literacy scores and adherence to Canadian physical activity and sedentary behaviour guidelines. BMC Public Health, 18(Suppl 2). https://doi.org/10.1186/s12889-018-5897-4

Djollong, A. F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research). Istiqra’, 2(1), 86–100.

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani, M. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 2527–5917.

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., Patimah, S., Liriwati, F. Y., Nasrullah, Sriekaningsih, A., … Nugraha, M. S. (2020). Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner. In Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner.

Fitri, S., Deswandi, D., Yaslindo, Y., & Wulandari, I. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal JPDO. Retrieved from http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1358

Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Lahinda, J., Wasa, C., & Riyanto, P. (2020). Pengaruh Program Latihan Peningkatan Daya Tahan Jantung Paru Pada Ukm Tinju. Kinestetik, 4(1), 7–13. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10257

Mardius, A., & Astuti, Y. (2017). Pengaruh Senam Lansia Terhadap Kebugaran Jasmani Warga Perumahan Pondok Pinang Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Journal of Education Research and Evaluation, 1(3), 147. https://doi.org/10.23887/jere.v1i3.10381

Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114.

Mashud, M., Arifin, S., Samodra, Y., Yosika, G. F., & Rinaldy, D. (2023). Internalisasi Active Lifestyle melalui Physical Literacy Berbasis Project Based Learning Terhadap Physical Fitness Mahasiswa Daerah Lahan Basah. Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id. Retrieved from https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/34253%0Ahttps://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/34253/LAPORAN AKHIR MOU DG UNTAN TAHUN 2023.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol. 2. Universitas Pendidikan Ganesha. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984

Priadana, B. W., Saifuddin, H., & Prakoso, B. B. (2021). Kelayakan pengukuran aspek pengetahuan pada instrumen physical literacy untuk siswa usia 8-12 tahun. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 21. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9675

Putri Rahmadhani, & Ardi, A. (2024). Studi literatur: Pengaruh Model Pembelajaan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1 SE-Articles of Research), 5153–5162. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13097

Rosiana, W., Angga, P. D., & Tahir, M. (2023). Pengembangan Media Literasi Fisik (Melifis) bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 964–975. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4707

Rusdi,Zainal, Arifin, A. (2016). Survei Kebugaran Jasmani Atlet Renang Usia 10-12 Tahun. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 38–45. Retrieved from http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/312

Setiawan, H., Rahayu, N. I., & Juliantine, T. (2020). Integrasi program SPARK dalam pendidikan jasmani terhadap peningkatan health-related fitness siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 156–165. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.28979

Soraya, N., Agustryani, R., Gumilar, R., & Fadilah, A. D. N. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Irama Melalui Media Audio Visual. Journal of S.P.O.R.T, 8(1). https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10373

Staring, J. (2019). John Dewey, New Education, and Social Control in the Classroom. SSRN Electronic Journal, 5(9), 156–181. https://doi.org/10.2139/ssrn.3402841

Sya’ban, F., & Dinata, V. C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif Shooting dalam Permainan Bola Besar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 208–215. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12365

Tri Alim Saputra Hidayat, R. S., Didik Cahyono, M. Torero Rigel Centeury, M., & Rifai, A. J. (2024). Analisis Keberhasilan Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi (Pjkr) Di Perguruan Tinggi. Jurnal Edu Research, 5, 165–176.

Trimantara, I. K. B. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Tai Untuk. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2613-9693 2613-9685), 16–23. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.29620

Zenitha, N. M., & Hartoto, S. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik di Luar Jam Pelajaran PJOK Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 519–522.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i2.15828

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions