Pengembangan Variasi Pembelajaran Passing Permainan Sepakbola Dengan Model Teaching Game For Understanding (TGfU) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumberpucung Berbasis E-Modul
Abstrak
Tujuan penelitian ini melakukan pengembangan variasi permainan sepakbola yang berbasis e-modul interaktif. Jenis penelitian ini termasuk pada penelitian pengembangan. Model pengembangan penelitian ini yakni ADDIE yang tersusun atas (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation serta (5) evaluation. Sampel 45 siswa kelas VIII SMPN 1 Sumberpucung. Beberapa ahli, yaitu media, pembelajaran dan materi. Instrumen penelitian yang mencakup observasi, angket penilai produk, serta dokumentasi. Pada hasil analisis data para ahli yakni ahli media diperoleh hasil 94%, ahli pembelajaran diperoleh hasil 93%, ahli materi diperoleh hasil 86 % jumlah rerata dari ketiga ahli mendapat 91% produk dinyatakan valid dan sesuai untuk di uji cobakan ke lapangan. Pada hasil data kelompok berkategori kecil diikuti oleh 15 siswa mendapat 86%, kelompok berkategori besar diikuti 25 siswa mendapat 92% jumlah rerata dari uji coba kelompok memperoleh hasil 89%. Bahwasanya produk pengembangan e-modul interaktif ini bermanfaat dalam proses pembelajaran PJOK kelas VIII SMPN 1 Sumberpucung
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i2.15999
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)






