Pendekatan permainan edukatif dalam upaya peningkatan motivasi siswa pada pembelajaran PJOK
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan guna menguji efektivitas pendekatan permainan edukatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PJOK. Metode yang diterapkan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen tipe one group pretest-posttest, melibatkan 25 siswa kelas VIII-B SMPN 1 Sucinaraja. Instrumen berupa angket motivasi dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil studi mengindikasikan peningkatan skor rata-rata dari 73,32 pada pretest menjadi 82,12 pada posttest, dengan persentase kenaikan sebesar 12,01%. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai t-hitung sebesar 9,859 dengan signifikansi 0,000, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa pendekatan permainan edukatif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dari aspek intrinsik maupun ekstrinsik, serta dapat menghadirkan suasana pembelajaran yang positif dan partisipatif.
Kata Kunci: motivasi intrinsik & ekstrinsik permainan edukatif, motivasi belajar, PJOK
Abstrak
This study aimed to examine the effectiveness of the educational games approach in increasing students' learning motivation in physical education (PJOK). A quantitative method with a pre-experimental one-group pretest-posttest design was used, involving 25 eighth-grade students from SMPN 1 Sucinaraja. The instrument used was a motivation questionnaire, analyzed using descriptive and inferential statistics. The results showed an increase in the average score from 73.32 (pretest) to 82.12 (posttest), with a percentage gain of 12.01%. The paired sample t-test produced a t-value of 9.859 with a significance level of 0.000, indicating a significant difference before and after the treatment. The study concludes that the educational games approach is effective in enhancing students’ motivation to learn, both intrinsically and extrinsically. Moreover, it contributes to creating a positive, enjoyable, and participatory learning environment in PJOK classes
Keyword: intrinsic & extrinsic motivation, educational games, learning motivation, physical education
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agusty, romi fikriawan, A, ramadhana sonjaya, & A, angga permadi. (2024). efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan model hybrid learning di SMAN 6 Garut. Journal of Sport. https://doi.org/10.37058/sport
Ani Kurniawati, R. candra dan A. A. P. (2020). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Voli Di Ma AlManaar Muhammadiyah. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(3), 1–16. https://doi.org/10.55081/jumper.v4i3.2171
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Asmajaya, D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui permainan Dalam Pembelajaran PJOK Di Kelas VIII SMP N 3 Percut Sei Tuan. Jurnal Olympia, 3(3), 16–22. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v3i2.2197
Bahari, F., Hanief, Y. N., & Junaedi, S. (2020). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Ekstrakurikuler. Jendela Olahraga, 5(2), 89–97. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6167
Budiman, B. (2017). Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Jasmanni Melalui Pendekatan Taktis. Jurnal Olahraga, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.37742/jo.v3i2.74
Dwi Putri, A., Wijaya, A., Jasmani, P., Rekreasi, D., Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, F., Kunci, K., Belajar, M., Pjok, P., & Bola Voli, P. (2024). SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK Info Artikel. 5(1), 70–77. https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.482
Dwi Silviyani, S., Ramadhan Sonjaya, A., Angga Permadi, A., & Hidayat, H. (2023). Efektivitas penerapan model pembelajaran peer teaching terhadap proses pembelajaran PJOK. Jurnal Porkes, 6(1), 152–176. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.17480
Elvira, Neni Z, D. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350–359. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767
Fitrianto, ari tri. (2023). Relevansi Pendidikan Jasmani denganTujuan Pendidikan Islam dalam Membentuk Individu yang Seimbang Secara Fisik, Mental, dan Spiritual. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(2), 148–166. https://doi.org/10.69900/ag.v3i2.194
Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118
Hardina, R. (2024). Permainan Edukatif Berbasis Kartu dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(July), 67–76. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.219
Ismail, M. H., Halimah, L., Hopiani, A., & AM, M. A. (2023). Penguatan Kompetensi Guru PAUD di Kabupaten Pangandaran dalam Implementasi Merdeka Bermain melalui Media Loose Parts. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(3), 223–232. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2658
Karisman, V. A., Friskawati, G. F., Supriadi, D., & Barat, J. (2018). Kontribusi Media Pembelajaran Edukatif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar The Contribution of Educative Instructional Media on The Students ’ Fundamental Motor Skill in Physical Education Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan, 185–192. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12960
Kurniawan, A. R., Priambodo, A., & Kristiyandaru, A. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 11(2), 196. https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2.2954
Putra, I. M. W., Panca Adi, I. P., & Wijaya, M. A. (2021). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 59. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34859
Riko, R., Lestari, F. A. P., & Lestari, I. D. (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Konsep Diri Peserta Didik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.30998/sap.v4i2.4448
Santoso, B. H., & Hidayat, T. (2015). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. JPOK: Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 517–525. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/13823
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150
Septianti, L., Sonjaya, A. R., Hermawan, I., & Arifin, Z. (2025). Implementasi Model Peer Teaching Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa pada Pembelajaran PJOK Pendahuluan. 8(2), 612–622. https://doi.org/10.29408/porkes.v8i2.29719
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.
Wardani, E. K., & Suryana, D. (2021). Permainan Edukatif Setatak Angka dalam Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1790–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1857
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i2.16030
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)






