Physical fittness related skills: internalisasi physical literacy melalui pembelajaran pjok berbasis project based learning
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PJOK berbasis Project Based Learning (PjBL) yang diintegrasikan dengan internalisasi Physical Literacy terhadap peningkatan Physical Fitness Related Skills siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Barito Kuala yang dibagi menjadi kelompok perlakuan (treatment) dan kelompok kontrol. sampel berjumlah 95 siswa dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan waktu penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Uji T untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil posttest antar dua kelompok. Dari hasil perhitungan analisis terlihat dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,010 (p < 0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Ini membuktikan bahwa model pembelajaran PJOK berbasis proyek yang terintegrasi dengan Physical Literacy lebih efektif dibandingkan metode Direct Instruction dalam meningkatkan physical fitness related skills siswa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral, 16(1), 78–92.
Arikunto. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd Ed.). Bumi Aksara.
Belanger, K., Barnes, J. D., Longmuir, P. E., Anderson, K. D., Bruner, B., Copeland, J. L., & Tremblay, M. S. (2018). The Relationship Between Physical Literacy Scores And Adherence To Canadian Physical Activity And Sedentary Behaviour Guidelines. Bmc Public Health, 8(2).
Budianto, D. (2022). Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Smart Indonesia School Pekanbaru. Journal Research Of Sports And Society Juni, 2022(1), 1–10.
Chairani Wulan, N., & Hambali, B. (2023). Hubungan Antara Literasi Fisik Dan Kesehatan Terhadap Perkembangan Personal Remaja Pada Siswa Smp Dan Sma Di Bandung Raya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 586–595. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.8412905
Diona Febriyanti, A., Fariz Prima Putra, M., Budi Prakoso, B., Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, P., & Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan, F. (2024). Journal Of Physical Education Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Aktivitas Kebugaran Jasmani The Influence Of The Project-Based Learning Model On Learning Outcomes In Physical Fitness Activities. Journal Of Physical Education, 4(2), 55–67. Https://Doi.Org/10.26740/Bimaloka.V4i2.30762
Eka Erlinawati, C., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika. "Integrasi Pendidikan, Sains Dan Teknologi Dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah Di Era Revolusi Industri 4.0 " , 4(1), 2527–5917.
Kahri, M., & Arifin, S. (2020). The Contribution Of Pedagogical Competence And Motivation To Get Achievement Of The Teachers Of Physical Education, Health, And Sports. In Advances In Social Science, Education And Humanities Research (Vol. 407).
Lahinda, J., Wasa, C., & Riyanto, P. (2020). Pengaruh Program Latihan Peningkatan Daya Tahan Jantung Paru Pada Ukm Tinju. Kinestetik, 4(1), 7–13.
Mardius, A., & Astuti, Y. (2017). Pengaruh Senam Lansia Terhadap Kebugaran Jasmani Warga Perumahan Pondok Pinang Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Journal Of Education Research And Evaluation, 1(2), 147.
Mashud. (2018). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkantujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.20527/Multilateral.V17i2.5704
Mashud, Arifin, S., Samodra, T. J., Yosika, G. F., Rinaldy, D., & Baidillah. (2023). Internalisasi Active Lifestyle Melalui Physical Literacy Awareness Berbasis Project Based Learning Terhadap Physical Fitness Mahasiswa Daerah Lahan Basah.
Mashud, M., Muhammad, R., Mu’arifin, M., Didik, P., Afri, T., & Wulandari, A. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa Di Indonesia: Article Review. Jendela Olahraga, 7(2), 78–94. Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V7i2.11973
Mubarok, M. H. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Bassed Learning (Pbl) Terhadap Kreativitas Dan Kebugaran Jasamani Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Di Sd Negeri 2 Cisomang Barat [Universitas Pendidikan Indonesia]. Http://Repository.Upi.Edu/Id/Eprint/23716
Nurdiansyah, Sofyan, Surya, M., & Yani, M. (2022). Peningkatan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Tradisional Pada Remaja Daerah Pesisir Pantai Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung Tanah Laut. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 293–299. Http://Journal.Ikippgriptk.Ac.Id/Index.Php/Olahragahal293-299
Pratiwi, A. S., Nugraheni, W., & Maulana, F. (2023). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa Smk: Dampak Penghapusan Mata Pelajaran Pjok. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1719–1725. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i4.5774
Priadana, B. W., Saifuddin, H., & Prakoso, B. B. (2021). Kelayakan Pengukuran Aspek Pengetahuan Pada Instrumen Physical Literacy Untuk Siswa Usia 8-12 Tahun. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 21. Https://Doi.Org/10.20527/Multilateral.V20i1.9675
Rahmadi, E., Mashud, M., & Kahri, M. (2025). Model Project Based Learning (Pjbl) Melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Peserta Didik Dalam Pjok. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 23(4), 90. Https://Doi.Org/10.20527/Multilateral.V23i4.20879
Rakhman, A. (2023). Perancangan Sistem Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Urang Banjar. Universitas Negeri Jakarta.
Rohmah, L., & Nur Muhammad, H. (2021a). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jpok, 9(1). Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Jasmani
Rohmah, L., & Nur Muhammad, H. (2021b). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jpok , 9(1), 511–519. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Jasmani
Rosiana, W., Angga, P. D., & Tahir, M. (2023). Pengembangan Media Literasi Fisik (Melifis) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education Fkip Unma, 9(2), 964–975.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Repository.Unpas. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/45282/4/Bab%20iii.Pdf
Tami, M., Ahwan, R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) Sma Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106–119. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7592832
Widjaja, I. P. D., & Indahwati, N. (2022). Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pjok Materi Kebugaran Jasmani Ditinjau Dari Lkpd Berbasis Project Based Learning Illham Pratama Deddy Widjaja*, Nanik Indahwati. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 10(11), 215–220. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Jasmani/Issue/Archivehttps://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Jasmani
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i2.16093
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)






