Perbandingan Latihan Blocked Drill Dan Random Drill Terhadap Hasil Ketepatan Smash Bulutangkis

Akbar Fauzan Pirtondi Purnomo, Tatang Muhtar, Dinar Dinangsit, Anggi Setia Lengkana

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan latihan blocked drill dan random drill terhadap hasil ketepatan smash bulutangkis di UKM Bulutangkis UPI Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain “Non-Equivalent Group Design with Between Groups Comparison”. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet UKM Bulutangkis UPI Sumedang dan Sampel berjumlah 20 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok : Kelompok A (Metode blocked drill) dan Kelompok B (Metode random drill), masing-masing 10 orang. Instrumen yang digunakan adalah Tes Ketepatan Smash. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh latihan blocked drill terhadap hasil ketepatan smash bulutangkis di UKM Bulutangkis UPI Sumedang, dengan Nilai T-hitung sebesar -33.418 dengan derajat kebebasan (df) 9, dan nilai sig = 0,000<0,05, dengan peningkatan persentase 42,4%. (2) Terdapat pengaruh latihan random drill pukulan terhadap hasil ketepatan smash bulutangkis di UKM Bulutangkis UPI Sumedang dengan nilai T-hitung sebesar -16,714 dengan derajat kebebasan (df) 9, dan nilai sig 0,000 < 0,05, dengan peningkatan persentase 18,8%. (3) Metode Latihan blocked drill lebih efektif terhadap hasil ketepatan smash atlet UKM bulutangkis UPI Sumedang daripada metode latihan random drill, dengan selisih rata-rata post-test sebesar 4,600

Kata Kunci


Blocked Drill, Random drill, Ketepatan, Smash, Bulutangkis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anasir, S. (2010). Hubungan antara ketepatan pukulan smash penuh dan kemampuan bermain bulutangkis pada siswa kelas atas SD Piri Nitikan Yogyakarat tahun 2010. Skripsi: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Ash Shiddieqy, M. H. (2024). Meta Analisis Latihan Drill Dalam Meningkatkan Ketepatan Pukulan Smash Atlet Bulutangkis. Universitas Jambi.

Billy, L. D., Boimau, S., Lopo, F. L., & Taebenu, Y. (2024). Pelatihan Meningkatkan Teknik Dasar Long Serve dalam Permainan Bulu Tangkis Melalui Metode Blocked Partice Pada Siswa Putra Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah: Indonesia. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 77–92.

Cahyaningrum, G. K., Asnar, E., & Wardani, T. (2018). Perbandingan Latihan Bayangan dengan Drilling dan Strokes Terhadap Kecepatan Reaksi dan Ketepatan Smash. In Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran (Vol. 4, Issue 2, p. 159). Universitas Airlangga. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12328

Correia, V., Carvalho, J., Araújo, D., Pereira, E., & Davids, K. (2019). Principles of nonlinear pedagogy in sport practice. Physical Education and Sport Pedagogy, 24(2), 117–132.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2012). How to Design and Evaluate (p. 642).

Hadi, R. (2011). Peran pelatih dalam membentuk karakter atlet. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1).

Kahar, I., Dahlan, F., & Nur, S. (2021). Implementation of Fullover training towards the improvement of badminton smash corresponding with the Covid 19 health protocol. Jurnal Pendidikan. Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 5(1).

Keetch, K. M., Lee, T. D., & Schmidt, R. A. (2008). Especial skills: Specificity embedded within generality. Journal of Sport and Exercise Psychology, 30(6), 723–736.

Mahendra, A. (2007). Teori belajar mengajar motorik. Bandung: FPOK UPI.

Mangun, F. A., Budiningsih, M., & Sugianto, A. (2017). Model Latihan Smash Pada Cabang Olahraga Bulutangkis Untuk Atlet Ganda. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(2), 78–89.

Muharram, S., Kahar, S. P., & Galugu, S. P. (2023). Ketepatan Smash dalam Permainan Bulutangkis: Kontribusi Faktor Psikologis Atlet. Ketepatan Smash Dalam Permainan Bulutangkis: Kontribusi Faktor Psikologis Atlet, 7(2), 180–190.

Nurodi, M. A. F., Bekti, R. A., & Yuliawan, D. (2025). PENERAPAN BLOKED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN LONG SERVICE SISWA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMA NEGERI 1 MOJO KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(2), 3119–3130.

Price, P. C., Jhangiani, R. S., Chiang, I.-C. A., Leighton, D. C., &

Cuttler, C. (2017). 8.2 Non-Equivalent Groups Designs. Research Methods in Psychology.

Ratnasari, D., & Suntoda, A. (2018). Pengaruh pengaturan block and random practice terhadap hasil belajar forehand dan backhand groundstroke dalam permainan tenis. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 34–40.

Reichardt, C. S. (2014). Nonequivalent Group Design. In Wiley StatsRef: Statistics Reference Online. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/9781118445112.stat06197

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Koleksi Buku UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

SUPARDI, S., SYAMSUDDIN, N., & SAHABUDDIN, S. (2021). PENGARUH PERMAINAN TARGET TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA SMA NEGERI 2 RANTEPAO. universitas negeri makassar.

Wijayanto, D. I., & Williyanto, S. (2022). Pengaruh teknik latihan dan koordinasi terhadap ketepatan jumping smash bulutangkis di Klub Wonosobo. Sport Science And Education Journal, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i3.16528

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions