EKSPLORASI PERAN GURU PJOK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ELEMEN BERNALAR KRITIS

Selly Purnama, Juhrodin Juhrodin, Dwi Yulia Nur Mulyadi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran guru PJOK dalam mengimplementasikan elemen bernalar kritis Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Sukamanti, Kabupaten Ciamis. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur dengan guru PJOK, Wakasek Kurikulum, dan dua siswa, serta analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman bernalar kritis terkonstruksi bertingkat sesuai peran stakeholder pendidikan. Implementasi pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) yang diintegrasikan dengan problem-based learning dan pembelajaran kooperatif terbukti efektif mengembangkan kemampuan bernalar kritis dengan menekankan pemahaman taktik sebelum teknik. Faktor pendukung meliputi kebijakan Kurikulum Merdeka, antusiasme siswa, dan kolaborasi guru, sedangkan penghambat mencakup keterbatasan waktu, jumlah siswa besar, dan kebiasaan pembelajaran konvensional. Dampak positif implementasi terlihat pada peningkatan partisipasi aktif, kemampuan problem solving, pemahaman konseptual mendalam, dan transformasi pembelajaran holistik yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Kata Kunci


Guru PJOK, Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, Implementasi Kurikulum, Pendidikan Karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angga, P. D., & Sari, A. J. (2025). Deep Learning: Bagaimana Implementasinya Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)? Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1373–1391.

Arfanda, P. E. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penerbit NEM.

Arvianto, F., Hudhana, W. D., Rahma, R., Nurnaningsih, N., & Suwandi, S. (2023). Menyiapkan Mahasiswa Abad 21 Menghadapi Era Vuca (Volatility, Uncertainty, Compelxity, & Ambiguity) Melalui Pendekatan Berbasis Pengalaman. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 43–56.

Ashar, A., & Marhani, M. (2025). MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) DALAM PENDIDIKAN JASMANI & OLAHRAGA. Penerbit Tahta Media.

Asmara, A., & Septiana, M. P. A. (2024). Model pembelajaran berkonteks masalah. Cv. Azka Pustaka.

Bidzan-Bluma, I., & Lipowska, M. (2018). Physical activity and cognitive functioning of children: a systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(4), 800.

Candra, O., Parulian, T., Yolanda, F., Novrandani, S., & Darmawan, D. V. (2025). Holistik dengan Mengintegrasikan Latihan Kondisi Fisik, Psikologi Olahraga, dan Karakter. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 782–792.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

de Acedo Lizarraga, M. L. S., de Acedo Baquedano, M. T. S., & Villanueva, O. A. (2012). Critical thinking, executive functions and their potential relationship. Thinking Skills and Creativity, 7(3), 271–279.

Febriliana, W., Husniati, H., & Amrullah, L. W. Z. (2025). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bernalar Kritis Siswa SDN 2 Darek. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1).

Fullan, M. (2016). The new meaning of educational change. Teachers college press.

Gogus, A., Göğüş, N. G., & Bahadır, E. (2019). Intersections between critical thinking skills and reflective thinking skills toward problem solving. Pamukkale Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 49, 1–19.

Hidayat, W., & Putro, K. Z. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam pendidikan Pancasila di sekolah dasar: Profil pelajar sebagai aset bangsa. Journal of Nusantara Education, 3(2), 79–90.

Iskandar, I., & Rustanto, H. (2023). MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN METODE TEACHING GAMES fOR UNDERSTANDING (TGfU) MATA PELAJARAN PENJASORKES SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 12(2), 203–219.

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek (Issue 021).

Lai, E. R. (2011). Critical thinking: A literature review. Pearson’s Research Reports, 6(1), 40–41.

Mustafa, P. S., Lufthansa, L., Or, M., & Artanty, A. (2025). Insight Mediatama.

Siregar, E. B., Karo, N. H. B., Samosir, D., & Rajagukguk, W. (2024). Kualitas pendidikan Matematika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50.

Stanovich, K. E., & Stanovich, P. J. (2010). A framework for critical thinking, rational thinking, and intelligence. Innovations in Educational Psychology: Perspectives on Learning, Teaching and Human Development, 195–237.

Subekti, N., Mulyadi, A., Listyasari, E., & Juhrodin, J. (2023). Integrating life skills into small-game courses within the context of positive youth development. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 13(1), 1. https://doi.org/10.35194/jm.v13i1.3090

Sucipta, I. W., Candiasa, I. M., & Sudirtha, I. G. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan bentuk asesmen formatif terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(2), 168–178.

Sujarwo, S. P. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru PENJAS SIT. ASPEK PEMBELAJARAN DAN METODE BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN, 148.

Utami, R. Y., & Nurohman, S. (2025). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PESERTA DIDIK SMP KELAS IX PADA MATERI STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 15(2), 79–85.

Yusuf, M. (2025). Membaca Kesiapan Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Volatilitas, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA). AN NAHDLIYYAH, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i3.16923

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions