Pengaruh Gaya Mengajar Komando dan Motivasi Belajar Rendah Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Stut Senam Lantai

Fegie Rizkia Mulyana

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar stut senam lantai melalui gaya mengajar komando. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan t-test, terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest hasil belajar stut bagi mahasiswa yang memiliki motivasi  belajar rendah yang diajar melalui gaya mengajar komando. Namun dari hasil analisis data menunjukkan t hitung (-6,8707) < dari t tabel (2,2621) yang berarti Ho diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar komando dan hasil keterampilan stut bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Implikasi dari penelitian ini bagi seorang dosen atau guru, dapat menjadi pertimbangan dalam memilih gaya mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mahasiswanya.


Kata Kunci


Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, Stut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fraenkel, J. R. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill, a business unit of The McGraw-Hill Companies, Inc.

Hamalik, O. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Husdarta, J.S dan Saputra, Y. M. (2010). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Dewa Ruchi.

Lutan, R. (2001). Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Ditjen Dikti-P2TK.

Rink, J. E. (2014). Teaching Physical Education for Learning. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Setiawahyu, M. I. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola. Jurnal Olahraga, 2(2), 181–192. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.45

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Syafei, M. M. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar dan Flexibility terhadap Hasil Belajar Gerakan Tiger Sprong Senam Lantai. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 4(1), 119–134.

Verducci, F. M. (1980). Measurement Concepts In Physical Education. St. Louis Missouri: Mosbi Company.

Werner, P. H. (2012). Teaching Children Gymnastics. United States: Peter H. Werner, Lori H. Williams, Tina J. Hal.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v4i2.2256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref