PENGARUH PENDEKATAN TAKTIS DAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SEPAKBOLA

Defri Mulyana

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  perbedaan pengaruh Pendekatan Taktis dan Tradisional terhadap Motivasi dan Hasil belajar Keterampilan (Keterampilan Dasar dan Keterampilan Bermain). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental : Pre-test and Post-test design, dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test untuk melihat perbedaan dan pengaruh pendekatan taktis dan pendekatan tradisional. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 2 Tasikmalaya yang aktif mengikuti kegiatan ektrakulikuler sepakbola sebanyak 30  orang. Hasil  pengujian untuk independent test untuk motivasi belajar diperoleh perbedaan pada kelompok sebelum antara pendekatan taktis dan pendekatan tradisional dengan nilai thit 2,68. Selanjutnya untuk teknik dasar sepak bola (Stop Passing, Heading, Dribling, Shooting) menunjukan terdapat perbedaan  pada kelompok sebelum antara pendekatan taktis dan pendekatan tradisional, dan pada keterampilan bermain sepak bola hasil pengujian menunjukan terdapat perbedaan  kelompok sebelum antara pendekatan taktis dan pendekatan tradisional dengan nilai thit 3,97, sedangkan kelompok sesudah antara pendekatan taktis dan pendekatan tradisional dengan nilai thit 5,93. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1. Motivasi  belajar siswa pada kelompok taktis memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan dengan kelompok tradisional 2. Pendekatan tradisional lebih besar pengaruhnya terhadap  keterampilan  teknik  dasar  sepakbola  dibandingkan  pendekatan taktis 3. Pendekatan taktis lebih besar pengaruhnya terhadap  keterampilan  bermain  sepakbola  dibandingkan  pendekatan tradisional.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Pendekatan Taktis dan Tradisional, Motivasi dan Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi (2007) Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Ausabel, David P. (1968) Educational Psychology: A Cognitive View. New York and Toronto: Holt, Rinehart and Winston.

Butler, Joy (1996). Teacher Responses to Teaching Games for Understanding. Journal of Physical Education, Recreation & Dance 67. 9 (Nov/Dec 1996): 17-20. Turn on hit highlighting for speaking browsers. Hide highlighting. Tersedia :

http://search.proquest.com.ezproxy.ugm.ac.id/docview/215767671/135B89E41414DCFAA8C/3?accountid=13771

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 SMA: Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta

Fraenkel and Norman E. Wallen. (1993). How To Design And Evaluate Research In Education. Secon Edition. McGraw-Hill. Inc

Furqon, Arief (1982). Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional

Giriwijoyo, Santosa. (1992). Ilmu Faal Olahraga, FPOK-Bandung.

Griffin, Linda L.’ Mitchell, Stethen A., Oslin, Judith L., (1997) Teaching Sport Consepts and skill. A Tactical Games Approach, United States of America : Humen Kinetics.

Subardjah, Herman. (2000). Psikologi Olahraga. Jakarta: Depdiknas

Hopper (2002) Teaching games for understanding: The importance of student emphasis over content emphasis. Tersedia :

http://search.proquest.com.ezproxy.ugm.ac.id/docview/215763091/135B89E41414DCFAA8C/2?accountid=13771

Husdarta (2001).Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal dan Eksplorasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar dan Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kirk, D., & MacPhail, A. (2002). Teaching games for understanding and situated learning: Rethinking the Bunker-Thorpe model. Journal of Teaching in Physical Education, 21, 177-192.

Light Richard, Georgakis Steve. Can ‘Game Sense’ make a difference? Australian pre-service primary school teachers’ responses to ‘Game Sense’ pedagogy in two teacher education programs. The University of Sidney. Tersedia:

http://www.aare.edu.au/05pap/geo05240.pdf. 13 through TGfU, Quest, 55(2), pp.161-176.

Lutan dan Cholik (1996/1997) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Depdikbud. Dirjen Dikti. Bagian Proyek Penembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (Primary School Teacher Development Project) IBRD:Loan 3496-IND

Lutan, Rusli. (1988). Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Lutan (2001). Olahraga dan Etika Fair Play. Dirjen Pemberdayaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Olahraga. Dirjen Olahraga. Depdiknas.

Lutan dkk. (2001) Pendidikan Kebugaran Jasmani Orientasi Pembinaan Disepanjang Hayat. Dirjen Olahraga. Depdiknas.

Lutan (2001) Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Pusat Penerbitan Universitas terbuka.

Luxbacher. Joseph A (2004). Sepakbola Taktik dan Teknik Bermain. (Alih Bahasa: Bambang Sugeng). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Malathi Balakrishnan., at.al (2011). Effect of Teaching Games for Understanding Approach on Students' Cognitive Learning Outcome. World Academy of Science, Engineering and Technology 77 Malaysia. Tersedia :

http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q=effect+of+Teaching+games+for++understanding+approach+on+students++cognitive++learning+outcome

Max Darsono. (2011, 27 April). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. Tersedia: http://www.Wikipedia.com

McClelland. (1953). The Impact Of Achievement Motivation Training on Small Business. California Manajemen Review : Free Press

McClelland. (1965). Toward Theory Of Motive Acquistion,â€AmericanPsychologistâ€. NewYork : Free Press

Metzler (2000) Instructional Models for Physical Education. Copyright. 2000 by Allyn & Bacon. A Pearson Education Company Needham Heights, Massachustts 02194.

Nadisah (1983). Diagnosa dan Remedial Kesulitan Belajar Keterampilan Gerak.

Jakarta : Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLPTK.

Natawidjaya, Rochman. (1979). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Mutiara

Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Ciawi Bogor : Ghalia Indonesia

Richard Light dan Ms Christina Curry (2002:1). Implementing Pedagogical Innovation in Physical Education: A Case study On the Implementation of TGfU Pedagogy in a NSW Secondary School. Tersedia:

http://www.barker.nsw.edu.au/subsite.asp?ss=105&id=4&pg=9

Riduwan. (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Penerbit. Alfabeta. Bandung

Rink (1993:166) Teaching Physical Education for Learning. University of South Carolina. Mosby .

Russel, Keith. (1986). Coaching Certification Manual. Ontario : Canadian Gymanastic Federation.

Sardiman A. M. (2006) . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Siedentop, D. (1994). Quality PE through Positive Sport Experiences: Sport Education.Illinois: Human Kinetics

Siegel, Sidney (1997). Statistik Non Parametrik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.

Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar. FPOK. UPI.

Sucipto, dkk. (2000). Sepakbola. Depdiknas. Dirjen Dikdasmen. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Sudjana (2009). Metoda Statistika. Bandung:Tarsito

Sugiyanto. (1993). Belajar Gerak Seri Bahan Penataran Pelatih Tingkat Dasar, Jakarta : Pusat Pendidikan dan Penataran, KONI Pusat.

Suherman. (2009). Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Penertbit CV. Bintang WarliArtika. Bandung

Tan Steven, et.al (2002) Implementating the Games Consept Approach in Singapore Schools: A Preliminary Report. Tersedia:

http://repository.nie.edu.sg/jspui/bitstream/10497/3853/1/RERACT-2002-1-77.pdf 48

Tarigan (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Sepak Bola. Konsep dan Metode. Depdiknas Dirjen Dikdasmen

Turner, A.P., & Martinek, T.J. (1992). A comparative analysis of two models for teaching games (technique approach and game-centered-tactical-focus-approach). International Journal of Physical Education, 29, 15–31.

Yudiana (2009). Implementasi Model Pendekatan Taktis Dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli Di Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. FPOK-UPI.

Yusuf Syamsu,dkk (1992). Psikologi Pendidikan. Penerbit. CV Andira Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v1i1.177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref