UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN BOLA BASKET MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING AND INQUIRY (PBL)

Budi Indrawan, Iman Rubiana, Melya Nur Herliana

Abstrak


Dalam mencapai kualitas pembelajaran, mata kuliah pendidikan bola basket menghadapi kesulitan dalam proses perkuliahan. Dikarena status mahasiswa baru disemeter I banyak yang pada waktu di sekolah SMA tidak melakukan olahraga bola basket mungkin dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di sekolah ataupun guru tidak memberikan pengalaman praktek bola basket. Sehingga mata kuliah bola basket banyak mahasiswa yang tidak mengerti dan sulit didalam mempratekan teknik dasar permainan bola basket.  Untuk memberikan pemahaman dan pengalaman yang lebih seperti tujuan di atas. Dengan pendekatan Student Center Learning dan model Based Learning and Inqury tersebutlah solusi yang ingin diampuh oleh penulis. Karena dengan pembelajaran berpusat pada mahasiswa, mahasiswa akan lebih memahami dari apa yang mereka cari sendiri. Selain itu dengan menggunakan model Based Learning and Inqury mahasiswa dituntut untuk bisa memecahkan masalah yang telah diberikan. Setelah menerapkan pembelajaran Student Center Learning dengan model Based Learning and Inqury diperoleh data dari hasil evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa awalnya  dinyatakan belum mencapai KKM karena 12 mahasiswa hanya mencapai nilai di bawah 70. Sedangkan data hasil setelah menggunakan pembelajaran student center learning dengan menggunakan model Based Learning and Inqury menunjukan adanya peningkatan pada hasil post test, dengan hasil 31 mahasiswa semuanya mencapai 100% di atas nilai KKM. Selain itu diperoleh penemuan-penemuan dari hasil wawancara kepada mahasiswa yang menunjukan sikap yang positif terhadap pembelajaran student center learning dengan cara Based Learning and Inqury.

Kata Kunci


Bola Basket, Pembelajaran Student Center Learning, Model Based Learning and Inqury

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Azka. 2010. Teknik Dasar Bola Basket. Jakarta: Trans Mandiri Abadi

Ahmadamrizal www.slideshare.net/2010/12/04/sistem-pendidikan-nasional-menurut-uu-no-20-2003/. Diakses 19/05/2014, 10.30.

Assrori, M. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wacana Prima

Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. UNS Press. Surakarta.

Ahmadi, Nuril. 2007. Permainan Bola Basket. Surakarta: Era Intermedia

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian, edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka cipta Dimyati (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta

Kusuma,Wijaya.2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua.PT Indeks, Jakarta.

Magono Agus. 2010. Permainan Bola Basket. Surakarta: UNS Press

Tes dan Pengukuran dalam pendidikan Jasmani. Jakarta: PT Dirjen dan Olah Raga.

Oliver Jon. 2007. Dasar-Dasar Bola Basket. Penerbit Pakar Raya Bandung.

PB Perbasi. 2006. Peraturan Bola Basket Resmi. Jakarta: Perbasi. Prusak,

Keven A. 2005. Permainan Bola Basket. 50 Kegiatan Membangun Keterampilan Bola Basket.

Human Kinetics, ins. Rooijakkers, Ad. 2008. Mengajar Dengan Sukses.Jakarta: Rineka cipta.

Rusli Lutan. 1988. Belajar keterampilan Motorik. Pengantar teori dan metode, Jakarta: P2LPTK.

Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grafindo Sinaga,S, dkk. 2002. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Medan:

Nurima Soemosasmito, Soenardi. 1990. Dasar, Proses dan Efektivitas belajar mengajar Pendidikan jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sudjana.1992. Metode Statistik. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v2i1.504

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref