PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DAN MOTOR ABILITY RENDAH TERHADAP HASIL BELAJAR TENDANGAN DOLYO CHAGI TAEKWONDO

Dicky Tri Juniar, Tatang Iskandar

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh gaya mengajar komando dan motor ability rendah terhadap hasil tendangan dolyo chagi Taekwondo mahasiswa PJKR Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya. Penelitian dilakukan dilingkungan kampus Universitas Siliwangi pada Mahaiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, karena peneliti merencanakan dan melaksankan kegiatan pengumpulan data yang ada hubungannya dengan hipotesis. Peneliti dengan sengaja dan secara sistematis memasukkan perlakukan-perlakuan ke dalam gejala-gejala alamiah dan kemudian mengamati akibat dari perlakuan tersebut. Pengambilan sampel yang penulis gunakan dengan cara acak sederhana (random assignment). Pembahasan hasil penelitiannya adalah gaya mengajar komando memberikan pengaruh yang signifikan bagi mahasiswa  dengan motor ability rendah terhadap hasil belajar tendangan dolyo chagi (q0 = 4,63 < qt = 3,63).  Dengan skor rata-rata = 34,81 dan simpangan bakunya = 5,69. Terdapat 44% mahasiswa yang memperoleh skor hasil tendangan dolyo chagi dibawah kelompok rata-rata, 12 % mahasiswa berada pada kelompok rata-rata, dan 44% mahasiswa memperoleh skor di atas kelompok rata-rata. Gaya komando lebih emberikan tingkat kedisiplinan yang tinggi bagi mahasiswa dan waktu yang digunakan akan lebih efektif efisien, sehingga diharapkan kepada seluruh dosen dan guru dalam memberikan pembelajaran olahraga kepada peserta didik yang keterampilan geraknya rendah khususnya mempelajari taekwondo lebih baik menggunakan gaya mengajar komando.

Kata Kunci


Metode Komando, Motor Ability Rendah, Dolyo Chagi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annarino Anthony A, Charles C. Cowell dan Haselton, Curriculum Theory and Design in Physical Education. St. Louis : C.V. Mosby Company, 1980

Anon, Pedoman Pembelajaran Tuntas. Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Depdiknas, 2003

Frank M. Ferducci, Measurement In Physical Education. St. Louis. The C.V. Mosby Company. 1980.

Gallahue, David L., John C. Ozmun, Understanding Motor Development. Boston: McGraw-Hill, 1998

Jend. Cho Hong Hi. www.TaeKwondo-Indonesia.com. 1954. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2010.

Lutan, Rusli. Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta : Ditjen Dikti-P2LPTK, 1988.

Nurhasan dan Abdul Narlan, (2004). Statistika Deskriptif. Tasikmalaya: Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Universitas Siliwangi.

Siedentop, Darly. Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. California : Mayfield Publishing Company, 1994.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru, 1989

Travers, Robert M.W., Essentials of Learning. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. 1977

Zuhri Mulia, Tb. Indra. Suwandi Gunawan. Competition Rules dan Interpretation World Taekwondo Federtion. 2008.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v2i1.507

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref