PERKEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA SD DENGAN MODIFIKASI BOLA DAN LAPANGAN PADA PEMBELAJARAN TENIS MEJA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margajaya melalui penerapan model pembelajaran Multiple Intelligence. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margajaya yaitu 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan  observasi, dan angket. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas pembelajaran PJOK yang dilakukan oleh guru. Pedoman pengumpulan data menggunakan angket bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margajaya. Data kuantitatif dianalisis secara desktiptif kuantitatif sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional dalam pembelajaran Permainan Tenis Meja pada siswa mengalami peningkatan. Langkah pertama yang dilakukan yaitu pra siklus pengambilan data awal kecerdasan emosional siswa dengan persentase sebesar 66,6% dari 25 siswa. Pada siklus I persentase 69,8% dari 25 siswa. Pada siklus II 79,9% dari 25 siswa. Pada siklus III persentase 88,6%.Â
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Biernat, E., Buchholtz, S., & Krzepota, J. (2018). Eye on the ball: Table tennis as a pro-health form of leisure-time physical activity. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(4), 1–11. https://doi.org/10.3390/ijerph15040738
Evans, J. (2004). Making a Difference? Education and ëAbilityà in Physical Education. European Physical Education Review, 10(1), 95–108. https://doi.org/10.1177/1356336x04042158
Fabiana Meijon Fadul. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN TENIS MEJA MENGGUNAKAN DINDING PANTUL KELAS V SD NEGERI 002 BABULU. MENINGKATKAN, 2(1), 66–75.
Firdaus, F. M. (2016). Model Multiplate Intelligences Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpendapat Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/eh.v4i1.2822
Komarudin. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa Remaja Melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(1), 54–60. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/5690/
Muharram, N. A., & Harmono, S. (2021). Peningkatan pembelajaran table tennis melalui teknik holding bet pada siswa sekolah dasar. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 1(1), 20–24. https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i1.2
Mulatsih, B. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Improving Learning Motivation and Chemistry Learning Outcomes of Class XI MIPA Students with the STAD Cooperative Learning Model. Jurnal Ideguru, 4(2), 1–9.
Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Paud4404/Modul 1, 1–60. http://repository.ut.ac.id/4713/2/PAUD4404-TM.pdf
Salici, O. (2020). Investigation of the effects of six-weeks of regular table tennis education on attention levels of primary school children. African Educational Research Journal, 8(3), 449–452. https://doi.org/10.30918/aerj.83.20.087
Şener, S., & Çokçalışkan, A. (2018). An Investigation between Multiple Intelligences and Learning Styles. Journal of Education and Training Studies, 6(2), 125. https://doi.org/10.11114/jets.v6i2.2643
Stanford, P. (2003). Multiple Intelligence for Every Classroom. Intervention in School and Clinic, 39(2), 80–85. https://doi.org/10.1177/10534512030390020301
Awang, I. S. (2019). Kecerdasan Emosioanl.
Campbell, L. (1997). Variations on a theme- How teachers interpret MI theory. Educational Leadership.
Demaine, J. (2001). Sociology of Education Today.
Gillborn, D. a. (2001). The New Iqism: Intelligence, "Ability" and yhe Rationing of Education. Sosiology of Educaion, 65-97.
Goleman, D. (2001). Emotional intelliegence: Issues in paradigm building.
Lengkana, A. S. (2017). Kebijakan pendidikan jasmani dalam pendidikan. Jurnal Olahraga. Jurnal Olahraga.
Lino, Y. &. (2009). Kinematics of table tennis topsin forehands: Effects of performance level and ball spin. Journal of Sports Sciences.
Lutan, R. (2004). Pembaharuan Pendidikan Jasmani di Indonesia.
Mayer, J. S. (2003). Measuring emtional intelligence with the MSCEIT. Emotion.
Roberts, R. S. (2008). The measurement of emotional intelligence: A decade of proses? Handbook of personality.
Safari, I. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Pada Permainan Tenis Meja Antara Yang Langsung Mengunakan Net Dengan Tanpa Menggunakan Net Terlebih Dahulu. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru.
Winatputra, U. e. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran.
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v6i2.6376
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY