DAMPAK BELA DIRI PENCAKSILAT TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL

Deni Setiawan, Defri Mulyana

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  beladiri pencak silat sebagai sarana dan prasarana untuk membentuk manusia seutuhnya, yang Pancasilais, Sehat, Kuat, Terampil, Trengginas, Tangkas, Tenang, Sabar bersifat Kesatria dan Percaya pada diri sendiri. Selain itu pihak sekolah juga mempunyai visi dan misi tersendiri dalam   mengadakan. Program ekstrakurikiler   yaitu   guna   memajukan   atau memperkenalkan sekolahnya agar diakui oleh lembaga–lembaga lain yang terkait maupun oleh masyarakat umum. Hal tersebut tidak luput dari keterkaitan pihak lembaga–lembaga pendidikan yaitu sekolah yang dalam salah satu program kegiatan diluar proses pembelajaran, pihak sekolah mengadakan atau membentuk wadah kegiatan bagi para siswanya, yaitu program kegiatan ekstrakurikuler beladiri pencak silat, program ekstrakuikuler tersebut banyak diminati oleh kalangan siswa yang usianya masih tingkat remaja. Tujuan sekolah mengadakan wadah kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak mengembangkan kreativitasnya serta meminimalisir anak dari kegiatan–kegiatan negatif. Perubahan perilaku ini disebabkan karena adanya unsur yang mempengaruhi kepribadian individu. Pergaulan siswa merupakan hal yang dapat mempengaruhi keperibadian individu, jika individu atau siswa bergaul dengan teman yang baik, maka siswa tersebut akan memiliki keperibadian yang baik pula, bahkan bisa jadi lebih baik dari sebelumnya. seperti peribahasa jika kita berteman dengan penjual parfum maka kita akan tercium wanginya. Tetapi jika individu berteman dengan individu yang tidak memiliki keperibadian yang baik maka individu tersebut akan memiliki keperibadian yang tidak baik.


Kata Kunci


Kata Kunci : Bela diri, Pencak Silat, Perkembangan Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: PT RINEKA CIPTA, Cetakan ketigabelas.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet. Ke 15.

Chaplin. 1989. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Depdikbud, Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler, Jakarta:Depaartemen Pendidikan dan Kebudayaan, 199).

Kadir, Abdul Dkk. 2014. .Dasar-Dasar pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kartini, Kartono. 1996. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Kholis, Moh. Nur. November Tahun 2016. Aplikasi Nilai-Nilai Luhur Pencak Silat Sarana Membentuk Moralitas Bangsa. Jurnal SPORTIF, Vol. 2 No. 2.

Kriswanto, Erwin Setyo. 2015. Pencak Silat. Yogyakarta, PT PUSTAKA BARU. Kumaidah,

Endang, 2011. Penguatan Eksistensi Bangsa Melalui Seni Bela DiriTradisional Pencak Silat, (“Seminar Pencak Silat Tradisional dalam Perspektif Budaya dan Sejarahâ€, 17 Februari 2011 di Universitas Indonesia).




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6564

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref