PENERAPAN PERMAINAN KECIL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

Tri Junianto, Abdul Rachman Syam Tuasikal, Gigih Siantoro

Abstrak


Permainan kecil merupakan permainan yang sederhana yang dapat dimodifikasi sesuai dengan sarana dan prasarana yang ada, baik berupa ukuran, luas, dan peraturan yang dibuat. Penerapan permainan kecil dalam proses pembelajaran dinilai dapat meningkatkan motivasi peserta didik, sehingga peserta didik lebih senang tanpa ada tekanan selama proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada penerapan permainan kecil pada proses pembelajaran dengan tujuan mengetahui motivasi peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar apabila diberikan permainan kecil. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu SDN Rejomulyo dengan jumlah 33 peserta didik. teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS ver.25. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan maka memperoleh hasil terdapat pengaruh permainan kecil dalam meningkatkan motivasi peserta didik pada tingkat sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pengolahan data memperoleh hasil signifikan sebesar 0,00 yang berarti nilai sig< 0,05.


Kata Kunci


motivasi belajar; permainan kecil; pendidikan jasmani

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amrulloh. (2019). Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga (Pada siswa kelas VII SMP Ainul Ulum Mojoagung Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 157–161. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/29669

Azhuri, I. R., Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2021). Physical Education Learning Motivation Survey for Extraordinary School Students All Karawang Regency. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 96–103.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, VI(3), 156–167.

Cavilla, D. (2017). The Effects of Student Reflection on Academic Performance and Motivation. SAGE Open, 7(3), 1–13. https://doi.org/10.1177/2158244017733790

Citra Beauty, T. R., Nurhasan, N., & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. https://doi.org/10.36312/jime.v6i2.1499

Daniel, S., & Hasali, F. (2016). Penerapan Metode Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sd Kristen Kanaan Tangerang. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei, I(2), 41–61.

Donald, M. (2017). Penerapan permainan kecil terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas v Sdn Babatan 5 Kecamatan Wiyung Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(1), 110–116.

Edli, H., & Mudjiran, M. (2015). Perbedaan Motivasi dan Keterampilan Belajar Peserta Didik Berprestasi Tinggi dan Rendah Serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(1), 26. https://doi.org/10.24036/02015416452-0-00

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Gustiwati, R. (2017). Resty Gustiawati; Dosen Prodi PJKR FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang 50`Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Riset Physical Education, 8(Vol 8 No 1 (2017): Motion: Jurnal Research Physical Education), 50–58. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/motion/article/view/453

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar. Jurnal Maenpo:Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(1), 44–49.

Palittin, Ivylentine Datu, Wihelmus Wolo, R. P. (2019). Magistra : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Saputra, I. (2015). Pengaruh Metode Circuit Training Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Putra kelas Va dan Vb Sekolah Dasar Negeri 112321 Kampung Pajak Kabupaten Labuhan Batu Utara. Biomass Chem Eng, 14(23–6), 58–67.

Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593–5600. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1735.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Taufik, M. S. (2018). MENINGKATKAN TEKNIK DASAR DRIBBLING SEPAKBOLA MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN Muhamad Syamsul Taufik Penjas FKIP Universitas Suryakancana. VIII(01), 26–36.

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375

Wahyuri, A. S. (2017). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Aktivitas Bermain. Jurnal MensSana, 2(2), 14. https://doi.org/10.24036/jm.v2i2.19

Wasak, J. B. & M. R. P. (2019). Permainan Kecil: Teori Dan Aplikasi.

Widigda, B. T., & Hartati, S. C. Y. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(33), 75–78.

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

Yani. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1707–1715.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6569

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref