MODEL GERAK MANIPULATIF BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN ATLETIK MATERI LEMPAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Latar belakang dalam Penelitian ini yaitu (1) keterampilan gerak yang dimiliki peserta didik menunjukkan hasil yang kurang maksimal dilihat dari hasil tugas video pembelajaran atletik yang diberikan guru. (2) rendahnya motivasi peserta didik mempelajari materi atletik nomor lempar dikarenakan belum adanya inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video animasi serta mengetahui tingkat kelayakan model gerak manipulatif berbasis video animasi pada pembelajaran atletik materi lempar bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengacu desain dari Borg and Gall yang terdiri dari (7 langkah sesuai dengan kebutuhan.)7 langkah: 1)analisis kebutuhan, 2)pembuatan produk awal, 3)evaluasi, uji coba kelompok kecil, 4)revisi produk awal, 5)uji coba kelompok besar, 6)revisi produk, dan 7) penyempurnaan produk. Pada penelitian ini melibatkan tiga orang validator sebagai expert judgement yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran pendidikan jasmani. Subjek uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 10 siswa dan subjek uji coba kelompok besar dengan melibatkan 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran kuesioner/angket. Sedangkan untuk teknik analisa data menggunakan teknik analisa data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa model gerak manipulatif berbasis video animasi pada pembelajaran atletik materi lempar dengan tingkat kelayakan berdasarkan pada penilaian ahli media diperoleh persentase sebesar 85% termasuk kategori sangat layak, penilaian ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,7% termasuk kategori sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase 87,5% termasuk kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan untuk kelompok kecil diperoleh persentase 93,5% termasuk kategori sangat layak dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase 92% termasuk kategori sangat layak. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model gerak manipulatif berbasis video animasi pada pembelajaran atletik materi lempar untuk siswa sekolah dasar “sagat layak†untuk digunakan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aryanti, S., Hartati, & Syafaruddin. (2020). Learning of badminton model through animation video on physical education students. International Journal of uman Movement and Sports Sciences, 8(6), 47–50. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080708
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Borg, W.R. & Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc. Cohen, Bruce
Flores, M. A., & Swennen, A. (2020). The COVID-19 pandemic and its effects on teacher education. European Journal of Teacher Education, 43(4), 453–456. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1824253
H’mida, C., Degrenne, O., Souissi, N., Rekik, G., Trabelsi, K., Jarraya, M., Bragazzi, N. L., & Khacharem, A. (2020). Learning a motor skill from video and static pictures in physical education students—effects on technical performances, motivation and cognitive load. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(23), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph17239067
Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a
Hapsari, A. S., Hanif, M., Gunarhadi, & Roemintoyo. (2019). Motion graphic animation videos to improve the learning outcomes of elementary school students. European Journal of Educational Research, 8(4), 1245–1255. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1245
Liang, D., Yuexin, Q., & Shuo, Z. (2019). Research on Multimedia Teaching of Physical Education Class Based on Online Physical Education Curriculum Construction. Iwedss, 340–344. https://doi.org/10.25236/iwedss.2019.073
Prihantana, M. A. S. (2014). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis pendidikan karakter pada mata pelajaran animasi stop motion untuk siswa SMK. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–12.
Radu, M. C., Schnakovszky, C., Herghelegiu, E., Ciubotariu, V. A., & Cristea, I. (2020). The impact of the COVID-19 pandemic on the quality of educational process: A student survey. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(21), 1–15. https://doi.org/10.3390/ijerph17217770
Singh, C., Giri, A. K., & Reddy, T. O. (2019). Important role of information technology in the field physical education and sports. 4(2), 202–204.
Suharsimi Arikunto cepi Safruddin Abdul Jabar. (2004). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara.
Sujarwo, S., Sukmawati, S., Akhiruddin, A., Ridwan, R., & Suharti Siradjuddin, S. S. (2020). An Analysis of University Students’ Perspective On Online Learning in The Midst of Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.24964
Yadav, N., Gupta, K., & Khetrapal, V. (2018). Next Education: Technology Transforming Education. South Asian Journal of Business and Management Cases, 7(1), 68–77. https://doi.org/10.1177/2277977918754443
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.6597
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY