Analisis Fungsi dan Dampak Penggunaan Drop Bar pada Sepeda

Muhammad Yanuardi Irfani, Ali Ramadhan, Elfina Rahmawati

Abstrak


Stang drop bar adalah  stang sepeda jalan yang  lurus di tengah, menempel pada batang, dan ditekuk di ujungnya. Profil drop bar yang condong ke depan memberikan fleksibilitas kepada pengendara, tetapi tidak dapat disangkal bahwa konsentrasi pengendara adalah faktor kunci dalam kualitas pengendaraan. Karena pada kecepatan tinggi, Anda juga ingin memaksimalkan reaksi manusia terhadap sepeda Anda. Dalam penelitian ini, beberapa metode yang digunakan dalam penelitian: metode pengumpulan data kualitatif deskriptif dan metode analisis data kualitatif. Metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, menjelaskan dan menjawab pertanyaan yang diteliti secara lebih detail mengenai fungsi, tujuan dan efek penggunaan setang drop bar. Dari hasil penelitian yang diperoleh tersebut sepeda jalan dan setang balap untuk fokus pada desain yang berpusat pada manusia untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna, meminimalkan dan menghindari berbagai hal yang tidak diharapkan.


Kata Kunci


Fungsi, Dampak, Drop Bar, Sepeda

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AlJufry, M. M. (2022). Penerapan Pelaksanaan Good Governance Terhadap Pelayanan Publik:(Studi Kasus Di Kantor Desa Kebonagung Sidoarjo). PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(04), 137-142.

Caon, M., Süsse, R., Grelier, B., Khaled, O. A., & Mugellini, E. (2020). Design of an ergonomic gestural interface for professional road cycling. Work, 66(4), 933-944.

Caon, M., Süsse, R., Grelier, B., Khaled, O. A., & Mugellini, E. (2018, August). Gesturing on the Handlebar: A User-Elicitation Study for On-Bike Gestural Interaction. In Congress of the International Ergonomics Association (pp. 429-439). Springer, Cham.

Chartogne, M., Millour, G., García-López, J., Duc, S., Rodríguez-Marroyo, J. A., Pernía, R., & Bertucci, W. (2022). Acute effects of small changes in antero-posterior shoe-cleat position on physiological and biomechanical variables in road cycling. Sports Biomechanics, 1-12.

Conceição, A., Milheiro, V., Parraca, J. A., Rocha, F., Espada, M. C., Santos, F. J., & Louro, H. (2022). The Effect of Handlebar Height and Bicycle Frame Length on Muscular Activity during Cycling: A Pilot Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(11), 6590.

Eckhoff, A. (2021). Scaling additive manufacturing for mass customization: How to maximize your efficiency while generating consistently unique output. PhotonicsViews, 18(6), 46-49.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Ferguson, H. A., Harnish, C., & Chase, J. G. (2021). Using field based data to model sprint track cycling performance. Sports medicine-open, 7(1), 1-12.

Ghasemi, M., Curnier, D., Caru, M., Trépanier, J. Y., & Périé, D. (2022). The effect of different aero handlebar positions on aerodynamic and gas exchange variables. Journal of Biomechanics, 139, 111128.

Hamidah, J. (2017). Istilah Bidang Otomotif Pada Tabloid Otomotif, Motorplus, Dan Otoplus (Tinjauan Morfologi Dan Semantik)(the Term Automotive Field on Otomotif, Motorplus, and Otoplus Tabloids is Morphologically and Semantic Viewed. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 7(1), 138-144.

Holliday, W., & Swart, J. (2021). Performance variables associated with bicycle configuration and flexibility. Journal of Science and Medicine in Sport, 24(3), 312-317.

Lépine, J., Champoux, Y., & Drouet, J. M. (2014). Road bike comfort: on the measurement of vibrations induced to cyclist. Sports Engineering, 17(2), 113-122.

Litwinowicz, K., Choroszy, M., & Wróbel, A. (2021). Strategies for Reducing the Impact of Cycling on the Perineum in Healthy Males: Systematic Review and Meta-analysis. Sports Medicine, 51(2), 275-287.

Lutfi, F. Z., & Baehaqi, M. (2022). Pengaruh Healty Lifestyle, Perceived Quality dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Jenis Roadbike Merk Polygon: Studi pada Pengguna Sepeda Jenis Roadbike Merk Polygon di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 462-478.

Malizia, F., & Blocken, B. (2021). Cyclist aerodynamics through time: Better, faster, stronger. Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 214, 104673.

Martini, T., Rusdiana, A., & Ray, H. R. D. (2019). Analisis Korelasi Volume Oksigen Maksimal (Vo2 Max) Saat Pedaling Posisi Duduk Dan Berdiri Terhadap Kecepatan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA) (Vol. 1, No. 1, pp. 190-198).

Nishitani, R., & Kitawaki, T. (2020). Analysis of relationship between standing posture and riding form using spinal curvature index. Journal of Science and Cycling, 9(2), 37-39.

Paksi, J. G. A., Cristian, I. A., Indriansyah, R., ITI, P. S. T. M., Serpong, J. R. P., & Selatan-Banten, T. (2021). Perancangan Struktur Road Bike Frame Menggunakan Alumunium 6063 Melalui Proses Optimalisasi Perlakuan Panas. JTM-ITI (Jurnal Teknik Mesin ITI), 5(2), 49-58.

Peeters, T., Garimella, R., & Verwulgen, S. (2020). An Indoor Training Bike to Provide Real-time Feedback on the Aerodynamic Cycling Position using Frontal Area Calculations. In 3DBODY. TECH 2020: 11th International Conference and Exhibition on 3D Body Scanning and Processing Technologies, 17-18 November, 2020, Online/Virtual (pp. 1-6).

Ramadhan, A., & Sihombing, J. P. (2017). Kajian ergonomi desain sepeda fixed gear (fixie). Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk), 3(1), 8-21.

Ramadhan, A., & Dinata, R. (2021, March). Development of electric bicycle and its impact on the environment. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 1122, No. 1, p. 012054). IOP Publishing.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Bandung: Cipta Media Nusantara.

Rahmawati, E. Ramadhan, A, & Irfani, M, Y. (2023). Shape and Position of The Hands on The Bicycle Drop Bar Analysis, Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(1), 113-122/

Roberto, A. D. P., Setiadi, T. H., & Lontoh, S. O. (2022). Gambaran posisi tubuh dengan kejadian low back pain pada pemain sepeda road bike di Jakarta. Tarumanagara Medical Journal, 4(1), 23-29.

Robidoux, C. G. (2022). A Practical Approach to the Evaluation of a Cyclist with Overuse Injury. Physical Medicine and Rehabilitation Clinics, 33(1), 15-29.

Rubiono, G., Finahari, N., & Putra, T. D. (2020). Review Rekayasa Olahraga Balap Sepeda (Cycling Sport Engineering) Sebagai Rekomendasi Peningkatan Performa Atlet Lokal Dan Nasional. PROTON, 11(1), 1-14.

Sizer, P. S., & Domier, L. (1995). Effect Of Drop-Style and Triathlon Handlebar Positioning On Oxygen Consumption During Constant Load Cycling. Cardiopulmonary Physical Therapy Journal, 6(1), 26.

Sugiyono, J, A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swart, J., & Holliday, W. (2019). Cycling biomechanics optimization—the (r) evolution of bicycle fitting. Current sports medicine reports, 18(12), 490-496.

Wang, P., Yi, J., & Liu, T. (2019). Stability and control of a rider–bicycle system: Analysis and experiments. IEEE Transactions on Automation Science and Engineering, 17(1), 348-360.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.6835

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions